Anda berada di
Beranda > News > 12 Kelompok Wirausaha Binaan PPK UST Gelar Lapak di Sunmor Sultan Agung.

12 Kelompok Wirausaha Binaan PPK UST Gelar Lapak di Sunmor Sultan Agung.

Stand Kelompok Wirausaha  UST di Sunmor Sultan Agung, Minggu (15/09). Foto: Doc MM UST.

SSA BANTUL-  12 Kelompok Wirausaha Binaan Program Pengembangan Kewirausahaan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (PPK UST) Gelar Lapak di Sunmor Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul pada Minggu (15/9). Kegiatan tersebut merupakan kelanjutan workshop kewirausahaan  yang sebelumnya dilaksanakan di Fakultas Teknik UST (27/4).

Sunday Morning ini dilaksanakan sebagai sarana pengenalan produk usaha mahasiswa UST kepada publik langsung. Para wirausaha binaan PPK UST dapat merasakan atmosfer yang sebenarnya seperti berinteraksi dengan pengunjung(konsumen) dan dapat menilai profil produknya.

PPK sendiri merupakan salah satu skema pengabdian masyarakat yang disediakan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang bertujuan untuk menghasilkan wirausaha-wirausaha baru dari kampus khususnya usaha karya mahasiswa UST.

Dr. Sri Hermuningsih, MM., CFP selaku ketua TIM PPK UST memberikan suport kepada mahasiswa,Sebelumnya pada Workshop Kewirausahaan #3 telah diseleksi 12 kelompok usaha mahasiswa UST untuk diberikan dana stimulus. Jumlah dana berbeda-beda kisaran 400.000 – 1.250.000 per kelompok dengan total Rp 7.000.000,00 disesuaikan profil usaha, peluang usaha, rencana operasional dan rencana finansial. Produknya juga beraneka macam meliputi produk usaha kuliner, kerajinan, dan fashion yang berasal dari berbagai mahasiswa UST lintas Prodi.

12 kelompok wirausaha binaan PPK UST berfoto bersama untuk kenang-kenangan.

Tahun 2019 merupakan tahun ketiga pelaksanakaan program PPK UST dan merupakan tahun akhir program PPK UST dilaksanakan. Program PPK UST ini diketuai oleh Dr. Sri Hermuningsih, MM., CFP yang juga merupakan ketua divisi Kewirausahaan Dewantara Career Center, dan beranggotakan Retno Widiastuti, S.T., M.Eng dan V. Reza Bayu Kurniawan, S.T., M.Sc. Program PPK ini secara langsung juga mendapat dukungan penuh dari Rektor UST, Drs. H. Pardimin, M.Pd., Ph.D, para Wakil Rektor di lingkungan UST serta Ketua LP3M UST yang turut berkontribusi mendorong pemenuhan program ini hingga tahun ketiga.

Selain itu, program PPK UST ini berkolaborasi dengan Dewantara Career Center (Pusat Karir UST) dan juga para praktisi di sektor industri kreatif. Selama 3 tahun pelaksanaan PPK UST ini, tim PPK UST telah menghasilkan 33 usaha potensial dengan 7 wirausahawan sudah sampai pada tahap scale-up mandiri, Teknologi Tepat Guna, Legalitas usaha berupa P-IRT, sertifikat halal dan HaKI serta publikasi ilmiah pada jurnal nasional dan seminar nasional. Diharapkan melalui program PPK UST ini menjadi awal dan pemantik sivitas akademika UST untuk lebih bersemangat menjadi wirausahawirausaha muda UST yang mandiri, unggul, dan handal. (e/jun)

Artikel Serupa

Ke Atas