Anda berada di
Beranda > Essay > Penerapan Ajaran Tamansiswa ‘Ngandel Kendel Bandel Kandel’ dalam Kegiatan Accounting Visit to Company

Penerapan Ajaran Tamansiswa ‘Ngandel Kendel Bandel Kandel’ dalam Kegiatan Accounting Visit to Company

Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) mengadakan kegiatan Kuliah Kunjungan Perusahaan di PT Amerta Indah Otsuka yang berlokasi di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (5/3/2024). Kegiatan ini diikuti sebanyak 72 mahasiswa semester 4 dan dosen yang ditugaskan untuk mendampingi mahasiswa selama kegiatan. Adapun salah satu ajaran Tamansiswa yang diterapkan dalam pembelajaran ini yaitu Ngandel Kendel Bandel Kandel.

Ngandel Kendel Bandel Kandel adalah sebuah kalimat yang berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti barang siapa dapat percaya tentu akan berani, lalu mudahlah ia tawakal dan dengan sendirinya ia akan tebal tubuhnya. PT Amerta Indah Otsuka didirikan pada tahun 1997 sebagai perusahaan afiliasi dari Otsuka Pharmaceutical Co, Ltd Jepang yang memulai perjalanannya di Indonesia dengan nama PT Kapal Indah Otsuka. Kemudian, pada tahun 1999, PT Kapal Indah Otsuka berganti nama menjadi PT Amerta Indah Otsuka. PT Amerta Indah Otsuka terus berkembang hingga pada tahun 2004, mereka mendirikan pabrik pertama mereka di Sukabumi, Jawa Barat. dan 6 tahun kemudian pabrik berikutnya, Pocari Sweat, didirikan di Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur. Produk yang dibuat telah didistribusikan di seluruh Indonesia. Karena keberhasilannya dalam memasarkan, PT Amerta Indah Otsuka melakukan distribusi secara luas, baik melalui kantor cabang resmi maupun secara langsung.

PT Amerta Indah Otsuka adalah perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan dengan produk-produk unggulan seperti Pocari Sweat, Soyjoy, Ion Water, dan Oronamin C. Perusahaan ini berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi positif bagi kesehatan masyarakat Indonesia dan dunia.

“Melalui kegiatan KKP ini, pengimplementasian terhadap ajaran Tamansiswa yaitu ngandel yang memiliki arti berpegang teguh terhadap visi-misinya untuk menjadi perusahaan yang brilliant dengan memberikan kontribusi yang signifikan dan terpercaya bagi konsumen. Kendel yang berarti berani mencoba hal baru dari yang semula hanya memproduksi air garam hingga dapat memproduksi minuman ion dan obat-obatan. Kemudian diikuti bandel, yaitu perusahaan percaya bahwa PT Amerta Indah Otsuka dapat menghadapi tantangan dan mencapai titik kesuksesan. Dilengkapi dengan kandel yang membuat perusahaan dapat lebih tangguh untuk bisa bertahan dan menjadi perusahaan farmasi terbaik di dunia,” kata Zahrolina Adnafika salah satu mahasiswa.

 

Kelompok 1 beranggotakan Zahrolina, Intan, Falen, Mila, Petrus, Akbar, dengan Dosen Pembimbing KKP Dr. Dewi Kusuma Wardani, S.E., S.Psi., M.Sc., Ak., CRM, BKP., ACPA

Artikel Serupa

Ke Atas