Anda berada di
Beranda > Essay > Unggul dan Berkarakter melalui Implementasi Ajaran Tamansiswa dalam Perkuliahan

Unggul dan Berkarakter melalui Implementasi Ajaran Tamansiswa dalam Perkuliahan

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (FE UST) merupakan salah satu Program Studi Akuntansi yang mendapatkan Predikat Unggul dari Lamemba serta memiliki keunggulan dalam visinya yaitu Menjadi Program Studi Akuntansi yang unggul dalam menyiapkan lulusan mandiri, berperilaku mulia dan kompeten dalam bidang akuntansi dan perpajakan sesuai dengan Ajaran Tamansiswa di Asia Tenggara pada tahun 2025. Implementasi Ajaran Tamansiswa pada Prodi Akuntansi FE UST diterapkan dalam kegiatan Caturdharma perguruan tinggi meliputi pendidikan, penelitian, pengabdian kepada Masyarakat, serta pelestarian dan pengembangan kebudayaan nasional. Sebagai bentuk realisasi keunggulan dari visi Prodi Akuntansi FE UST salah satunya diwujudkan dalam pembelajaran yang dilaksanakan berbasis Ajaran Tamansiswa melalui Implementasi Sistem Among.

Sistem among merupakan Ajaran Tamansiswa yang selaras dengan Program Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh pemerintah. Sistem among berlandaskan pada dua prinsip utama yaitu menghargai kodrat alam dari mahasiswa dan dasar kemerdekaan serta berasaskan kekeluargaan untuk mendukung perkembangan peserta didik (mahasiswa) baik secara lahir maupun batin tanpa adanya perintah dan paksaan namun dengan tuntunan (bimbingan). Proses perkuliahan berbasis Sistem Among dilakukan dengan berorientasi pada mahasiswa atau sering dikenal dengan student centered learning yang berfokus pada minat dan potensi mahasiswa.

Sistem perkuliahan yang menjadi unggulan di Prodi Akuntansi FE UST salah satunya yaitu penerapan Sistem Among. Implementasi Sistem among dalam perkuliahan mengedepankan berperan sebagai orang tua yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa untuk berkembang sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. Mahasiswa diberikan kesempatan mengembangkan diri dengan memilih matakuliah konsentrasi, diberikan kesempatan untuk memberikan pendapat dan menyelesaikan berbagai studi kasus, mengikuti berbagai kompetisi baik nasional maupun internasional, serta mengikuti berbagai kegiatan kemahasiswaan. Implementsai Sistem Among dalam perkuliahan diharapkan mampu membentuk mahasiswa unggul dengan memiliki berbagai kompetensi dalam bidang akuntansi, juga memiliki budi pekerti yang luhur serta memiliki jiwa mandiri. Sistem pembelajaran yang diterapkan ini diharapkan mampu melahirkan generasi muda yang tangguh dan mampu survive dalam menghadapi berbagai tantangan dalam dunia kerja.

Misra Enumbi, Mahasiswi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Jurusan Akuntansi, NIM: 2017017217.

Artikel Serupa

Ke Atas