Anda berada di
Beranda > Essay > SOTO AYAM KAMPUNG PAK PARMO

SOTO AYAM KAMPUNG PAK PARMO

Saya Fauzan Dwi Ardiyanto dengan Nim 2021008034 Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa melakukan observasi tentang UMKM Soto Ayam Kampung Pak Parmo yang berlokasi di komplek kridosono daerah Istimewa Yogyakarta, dengan bapak Rahadyan Febriansah selaku narasumber dan pemilik UMKM, selasa  (8/10/2022).

Soto Ayam Kampung Pak Parmo yang di Kelola oleh Bapak Rahadyan Febriansah merupakan salah satu usaha mikro kecil menengah yang berlokasi di komplek kridosono, Jl. Yos Sudarso No.28, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224. Soto Ayam Kampung Pak Parman ini berdiri dart tahun 1982, saat ini sudah memiliki banyak pelangan hingga memiliki omset perharinya Rp. 10.000.000. Keberhasilan pemilik UMKM memiliki omset segitu karena selalu mempertahankan cita rasa, bumbu bumbu yang digunakan ada takaran sendiri dan merbus ayam kampung tersebut itu pun juga sudah ada waktu sendiri untuk merebus ayam tersebut.

UMKM ini mengunakan analisis SWOT tersebut yaitu. Lokasi yang sangat trategis di halaman kompleks kridosono, kelemahanya yaitu tempatnya kurang memadahi karena konsumen di pagi hari banyak sehingga meminjam fordcord lainya untuk duduk menikmati makanannya, soto memiliki peluang dekat dengan gereja dan pusat kota sehingga tidak ada masalh untuk akses jalannya karna lokasinya berdekatan dengan jalan raya, ancaman yaitu di lokasi tersebut ada satu brand yang sama dengan menu yang sama sehingga menjadi pesaing.

Untuk strategi lokasi yang digunakan UMKM tersebut sudah baik selain dari dulu awal bukanya, pemilihan lokasi untuk buka usaha juga tepat ditengah kota atau keramaian sehingga mudah mendapatkan pelangan dan di kenali orang.

UMKM ini memiliki strategi mutunya yaitu selalu konsisten dalam menyajikan soto ayam kampung tanpa memper masalahkan harga bahan pokok naik seperti membuat bumbu-bumbu tersebut tanpa memper masalahkan jika harga bumbu tersebut harganya naik.

Dari pengamatan saya UMKM ini memakai strategi JIT (Jast In Time) yaitu strategi Just in time merupakan salah satu metode pada manajemen operasional. Just in time atau tepat pada waktunya merupakan cara kelola tepat waktu pada persediaan dan juga produksi. Dengan just in time, persediaan yang digunakan akan tepat tiba saat dibutuhkan. Hal ini memberikan manfaat pada jumlah persediaan.

Penulis: Fauzan Dwi Ardiyanto atas bimbingan Putri Dwi Cahyani S.E, M.E.I (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa).

Artikel Serupa

Ke Atas