Anda berada di
Beranda > Essay > Berawal Dari Bisnis Kacang Kecil-kecilan Hingga Menjadi Pengusaha Sukses

Berawal Dari Bisnis Kacang Kecil-kecilan Hingga Menjadi Pengusaha Sukses

Usaha yang didirikan oleh bapak Dwi Yanto adikuncoro ini diberikan nama “UMKM D & R SNACK”. berdiri sejak tahun 2015 yang beralamatkan di Jl. Gilang Raya Tim. No.RT.12, Mantup, Baturetno, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55197. D&R Snack kepanjangan dari Dwi & Ratna,. 7 tahun usaha D&R Snack berdiri, awalnya bapak dwi dan ibu ratna sama-sama kerja lalu punya anak 2 dan sering sakit, jalan satu-satunya harus berhenti kerja diantara bapak dwi dan ibu ratna, terus ibu ratna milih untuk berhenti kerja karena untuk mengurus orang tua dan anak. D&R Snack memiliki 7 orang karyawan. Usaha D&R ini menjual dan memprodulsi makanan ringan yang terdiri dari bahan baku berupa tepung, udang dan bahan-bahan lainnya.Dan varian produknya terdiri dari Kacang bawang,.Slondok udang dan Bakso goreng.

Analisis SWOT dari umkm ini yaitu;

Kekuatannya Tempat pabrik sekaligus toko ini lumayan strategis karena berada di daerah padat penduduk.

Kelemahannya Walaupun berada di daerah padat penduduk namun akses jalan menuju umkm ini sedikit rumit karena harus melewati jalan jalan desa yang bolak belok jadi sedikit dulit untuk menemukan lokasi umkm ini bagi orang baru.

Peluangnya Di daerah tersebur masih sedikit UMKM serupa yang menjual cemilan seperti umkm ini olehkarena itu masih besar peluang untuk mengembangkan umkm ini, misalnya menambah beberapa cabang agar mudah diakses oleh konsumen baru.

Ancamannya Walaupun masih sedikit/tidak ada pesaing yang menjual produk serupa di daerah tempat umkm ini berdiri tidak kemungkinan suatu saat pasti akan ada pesaing yang menjual produk yang hampir sama.

Umkm ini memenuhi mutu produk dengan cara mengidentifikasi kebutuhan/kesukaan konsumen. Meanfaatkan umpan balik dari konsumen itu sendiri lalu mengamati competitor lainnya.

strategi yang dilakukan untuk menghasilkan mutu yang baik dan mampu bersaing dengan cara meningkatkan kualitas produk perusahaan seperti melalui penelitian dan pengembangan produk, membuat produk sebaik mungkin, membuat ciri khas yang unik pada produk.

UMKM ini cara memenuhi pasokannya dengan cara menggandeng beberapa pemasok, cara ini dipilih karena agar tidak terjadinya kekurangan bahan baku mentah seperti tepung, udang, minyak goreng dan lain sebagainya yang dibutuhkan.

Umkm ini tetap memiliki persediaan di Gudang yang bertujuan untuk suatu saat jika ada pesanan mendadak tidak harus memproduksi dengan cara terburu buru.

Strategi persediaan yang digunakan umkm D&R Snack ini menggunakan Strategi MRP Metode ini untuk menentukan apa, kapan dan beraoa jumlah bahanbaku komponen dan material yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutukan dari suatu perencanaan produksi.

Penulis: Hakam Muqoddim Purbono, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (Mahasiswa Manajemen, FE, UST), Dosen Manajemen Operasional Putri Dwi Cahyani, S.E, M.E.I.

Artikel Serupa

Ke Atas