Anda berada di
Beranda > Essay > LOKASI YANG STRATEGIS DAN MUTU YANG TERJAMIN PADA RISA CAKE & EATERY

LOKASI YANG STRATEGIS DAN MUTU YANG TERJAMIN PADA RISA CAKE & EATERY

Pada tanggal 6 November 2022, saya Yashinta Putri Ashari beserta teman saya Kintan Yulian Rikmaratri dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa melakukan kegiatan observasi pada salah satu UMKM terkenal di Yogyakarta yang Bernama Risa Cake & Eatery. Usaha milik ibu Deandra Derisa Psychelia Giri ini berdiri sejak tahun 2017 dan terletak di jl. Nogopuro No. 13 Gowok, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Menurut beliau lokasi ini dinilai cukup strategis dan juga tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta, aksesnnya pun lebih mudah dijangkau, karena bukan berada di jalan raya besar tetapi masih dijalanan yang ramai orang lewat. Yang menjadi poin penting juga karena lebih dekat dengan pemukiman warga. Untuk dapat memenuhi mutu produknya, Risa Cake & Snack ini memilih untuk menggunakan bahan baku yang baik dan dengan kualitas yang baik juga, menggunakan bahan dasar alami tanpa bahan pengawet.

Lalu mulai dari tahap produksi sampai barang siap di jual, karyawan yang bertugas sebagai POAC (planning,organizing actuating, dan controlling) melalukan juga menerapkan SOP (Standar Operasional Procedur) dengan tepat. Mereka selalu melakukan pengecekan kelayakan produk, jika produk  terdapat kecacatan atau tidak layak jual maka produk akan ditarik. Sehingga setiap produk yang akan dijual sudah berkualitas tinggi dan sudah melalui proses uji.

Risa Cake juga telah menggunakan metode MRP yang merupakan sistem untuk menghitung berapa jumlah bahan baku yang dibutuhkan dalam memproduksi barang. Dengan strategi ini dapat dipastikan bahan baku yang dibutuhkan selalu tersedia dan tidak akan menghadapi kekurangan atau kelebihan persediaan. Saat ini Risa Cake & Eatery sudah sangat dipercaya oleh ribuan konsumennya, dan berbagai instansi Pemerintah di Yogyakarta.

Penulis: Yashinta Putri Ashari, pembimbing: Putri Dwi Cahyani, S.E, M.E.I., Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Artikel Serupa

Ke Atas