Anda berada di
Beranda > Essay > Profil Mebel Unggulan Cahyo Jati

Profil Mebel Unggulan Cahyo Jati

Mebel, perabot atau furniture merupakan perlengkapan rumah yang hampir dimiliki oleh setiap rumah tangga di Indonesia. Keunggulan suatu produk mebel tidak hanya dinilai berdasarkan kegunaannya saja tetapi juga dari segi kualitas dan daya tahannya.

Pada hari Jumat, 11 November 2022, Hikmad Tyar Gunawan mahasiwa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa dengan rekannya Muhamad Imam Rusdi melakukan kegiatan wawancara dengan salah satu pemilik usaha mikro kecil menegah di Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Mebel Cahyo Jati merupakan salah satu mebel yang sudah terkenal di Kawasan Prambanan Sleman Yogyakarta. Bapak Panggih merupakan pemilik dari mebel Cahyo Jati. Mebel ini telah berdiri sejak tahun 1995.  Alamat lengkap dari mebel Cahyo Jati adalah sebagai berikut: Jl. Raya Piyungan- Prambanan Km. 3, Jobohan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi tersebut sangat strategis karena dekat dengan jalur dari tiga kabupaten sekaligus yaitu Sleman, Bantul, dan Gunungkidul.

Pada proses produksinya mebel Cahyo Jati dikerjakan dengan tenaga manusia dan dibantu dengan peralatan tukang dan mesin, untuk proses pengerjaannya tidak berbeda dengan usaha mebel pada umumnya. Penerapan desain dan pengembangan produk dari mebel Cahyo Jati dikelola oleh para karyawan. Dalam melakukan penerapan desainnya para karyawan ini harus bekerja dibawah arahan dan bimbingan langsung dari pemilik secara langsung yaitu Bapak Panggih. Karena hanya beliau pernah memiliki pengalaman bekerja di perusahaan. Apabila ada bagian-bagian yang sulit untuk dikerjakan, mebel Cahyo Jati  akan meminta bantuan pada mitra kerjanya. Salah satunya adalah penggunaan jasa ukir untuk memahat beberapa bagian-bagian yang sulit.

Kualitas produk yang dihasilkan oleh mebel Cahyo Jati sangat bagus dan tidak perlu diragukan lagi. Dari segi kekuatan produk tersebut memiliki keunggulan pada bagian kayu. Adapun jenis kayu yang digunakan oleh mebel Cahyo Jati adalah jenis kayu Jati, seperti yang kita ketahui bahwa kayu jati karakteristiknya memiliki kualitas yang sangat bagus dan tahan lama. Dapat bertahan lama untuk tiga sampai lima tahun. Meskipun harga dari produknya tidak murah tetapi hal tersebut sudah sebanding dengan kualitasnya. Menurut penjelasan dari narasumber kami, Bapak Panggih ingin setiap konsumennya mendapat kepuasan lebih setelah bertransaksi dengan Cahyo Jati. Maka dari itu mereka selalu menggunakan kayu jati sebagai bakan bakunya.

 

Penulis: Hikmad Tyar Gunawan, mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta atas bimbingan Putri Dwi Cahyani, S.E, M.E.I

Artikel Serupa

Ke Atas