Anda berada di
Beranda > Essay > UPAYA MENINGKATKAN NILAI-NILAI KEBANGSAAN OLEH PEMUDA DI ERA MILENIAL

UPAYA MENINGKATKAN NILAI-NILAI KEBANGSAAN OLEH PEMUDA DI ERA MILENIAL

Penerapan nilai-nilai kebangsaan dari tahun ke tahun nampaknya semakin menurun. Hal tersebut didorong dari beberapa faktor, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar negeri Banyak hal yang bisa kita lihat saat ini misalnya pergaulan bebas, tawuran antar pelajar dan yang paling berbahaya adalah timbulnya radikalisme di kalangan pemuda yang menyebabkan hilangnya rasa toleransi dan berbangsa. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan.

Dari uraian tersebut, setidaknya ada beberapa faktor yang memperlemah nilai-nilai kebangsaan.  Beberapa factor tersebut ialah hedonisme, konsumerisme, westernisasi, serta masuknya budaya yang tidak sesuai dengan budaya ketimuran. Berbagai hal tersebut dapat memperlemah nilai-nilai kebangsaan. Disinilah peran kita sebagai pemuda untuk memperkuat nilai-nilai kebangsaan menjadi yang sangat penting. Jika pemuda yang dianggap sebagai pilar utama bangsa mengalami kebobrokan moral dan masalah radikalisme lalu siapa lagi penerus bangsa yang akan melanjutkan perjuangan bangsa dan mewujudkan cita cita para founding father Indonesia.

Beberapa usaha pemuda dalam memperkuat nilai nilai kebangsaan adalah pertama, yaitu dengan tetap mengingat perjuangan para pejuang dalam meraih kemerdekaan. Hal ini dilakukan supaya menyadarkan kita sebagai generasi muda bahwa kemerdekaan tidak hanya berupa sebuah kata, namun juga terbebas dari penjajahan bangsa lain yang ingin menindas dan mengambil kekayaan didalamnya.para pahlawan dengan kerelaannya mengorbankan harta bahkan nyawa mereka demi kemerdekaan Indonesia. Kita harus mengingat jasa para pahlawan agar kita tidak melupakan nilai-nilai kebangsaan.

Kedua, dengan perkembangan teknologi yang pesat di era modern, kita sebagai pemuda harus bisa menyaring informasi dari luar, membuang hal negative serta mengambil yang positif. Apabila kita tidak bisa melakukannya, maka hal ini akan mengakibatkan kemrosotan moral serta radikalisme yang mengakibatkan lunturnya nilai-nilai kebangsaan, serta menimbulkan intoleransi diperlukan peran kita untuk membagikan informasi yang bermanfaat serta tidak hoax yang  dapat menyebabkan perpecahan pada tubuh rakyat Indonesia. Toleransi diperlukan dalam hubungan bernegara serta berbangsa karena kita terdiri dari berbagai suku. Generasi muda saat ini mudah sekali tersulut oleh informasi yang belum tentu sesuai dengan keadaan yang terjadi. Sebagai pemuda tentu kita jangan sampai terpecah belah dengan membela salah satu pihak. Lebih baik kita mengecheck kebenaran informasi yang beredar tersebut.

Ketiga, peran lain pemuda dalam memperkuat nilai-nilai kebangsaan adalah dengan cara mensosialisasikan nilai nilai kebangsaan baik itu di keluarga, organisasi kepemudaan maupun di lingkungan sekitarnya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membuat mural pada dinding sehingga dapat dilihat oleh berbagai kalangan masyarakat. Cara lain adalah dengan membuat video dan komik yang bertema tentang nilai-nilai kebangsaan yang disebarluaskan melalui instagram dan youtube. Beberapa cara ini dirasa efektif dalam peningkatan nilai kebangsaan dimasyarakat luas apabila semua pemuda mampu melakukanya terutama sosialisasi ditujukan terhadap golongan muda yang akan menjadi penerus cita- cita bangsa Indonesia.

Keempat, para pemuda harus memberi contoh kepada anak-anak kecil di sekitarnya untuk mencintai bangsa.hal ini dilakukan dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta tidak menganggap bahwa budaya serta bahasanya sukunya lebih baik dengan merendahkan bahasa suku lain. Hal ini dapat mendorong anak-anak mencintai bangsanya kelak saat mereka dewasa.

Kelima, nilai kebangsaan dapat diperkuat pula dengan mengembangkan sikap gotong royong antar individu yang dimasa kini mulai memudar akibat tergerus oleh arus modernisasi.Meskipun sikap ini masih kuat di wilayah pedesaan, namun hal ini harus dikembangkan di wilayah perkotaan juga. Sikap gotong royong tersebut haruslah bersifat positif serta dapat memberi manfaat bagi sekitarnya. Sikap gotong royong ini dapat mempererat rasa persatuan antar individu serta mengamalkan Pancasila sila ke 3 yaitu persatuan Indonesia.

Dengan partisipasi pemuda dalam peningkatan nilai nilai kebangsaan, hal ini akan mempermudah pewujudan cita cita para pendahulu kita serta meningkatkan kualitas generasi yang akan datang. Untuk itu diperlukan usaha dari para pemuda pemudi Indonesia untuk mewujudkannya. Dengan berpartisipasi dalam penulisan ini saya berharap dapat digunakan untuk mendukung peningkatan nilai nilai kebangsaan yang sudah mulai tergerus oleh berbagai hal yang berasal dari internal maupun eksternal. Diharapkan dengan tulisan ini dapat membawa perubahan bagi kita semua.

 

Essay ditulis oleh Denny Taruma Primananda

Senin, 10 Desember 2018

Artikel Serupa

Ke Atas