Anda berada di
Beranda > Essay > Inilah Dampak dari Drama Korea

Inilah Dampak dari Drama Korea

Ilustrasi Drama Korea (foto: ist.)

Drama? Siapa yang tidak tau drama, apalagi khususnya untuk para pencinta korea. Drama adalah genre (jenis) karya sastra yang menggambarkan kehidupan manusia dengan gerak. Drama menggambarkan realita kehidupan, watak, serta tingkah laku manusia melalui peran dan dialog yang dipentaskan. Drama yang paling terkenal di kalangan masyarakat biasanya drama dari negara korea, ketampanan dan kecantikan wajah asia yang dimiliki para aktor dan aktris semakin menambah kecintaan masyarakat terhadap drama korea , salah satu drama yang pastinya terkenal karna rating nya yang tinggi yaitu Goblin.

Indonesia, adalah salah satu negara yang termasuk memiliki banyak pecinta drama korea, sampai-sampai stasiun nasional menampilkan drama korea yang masih on going di tv nasional, 90% rata-rata drama korea di minati oleh kalangan wanita, baik itu dewasa maupun remaja.

Selain itu, kisah romantis, comedy, action yang ditampilkan para aktor dan aktris sukses membuat para pecinta Korea terkagum-kagum akan akting sekaligus visual yang dimiliki para aktor dan aktris. Sehingga mereka rela berjam-jam hanya untuk menyaksikan visual dan mengetahui kisah selanjutnya yang akan ditampilkan di drama.

Adapun dampak baik dan buruk yang diberikan oleh drama korea antara lain, dampak buruk dari drama korea adalah banyak waktu yang terbuang ketika kita menonton, dipastikan ketika menonton drama korea, kita akan terbawa ke dalam alur cerita dan fokus agar mengerti konflik dalam drama tersebut, sehingga banyak aktivitas kita yang tidak terselesaikan. Drama korea juga bersifat candu, ketika kita menonton 1 episode yang masih gantung, maka kita harus menonton episode selanjutnya untuk menghilangkan rasa ingin tahu terhadap episode 1 tadi. Banyak kebiasaan para pecinta korea yang rela sampai begadang hanya untuk menonton drama kesukaannya, sehingga kesehataan akan terganggu, mulai dari tubuh tidak fit karna istirahat yang tidak cukup, dan munculnya mata panda.

Dampak baik yang dimiliki oleh drama korea adalah menghilangkan stres, ketika seseorang mempunyai pekerjaan yang menumpuk sehingga mereka bosan harus melihat tumpukan kertas setiap jam nya, maka drama korea bisa mengembalikan mood apalagi yang ber-genre comedy.

Oleh karena itu, kita mestinya bisa membagi waktu ketika ingin menonton drama korea, ketika kita memiliki banyak aktivitas usahakan untuk tidak menonton, jika sudah jenuh barulah kita bisa menonton drama Korea, namun usahakan secukupnya saja, dan sebaiknya ditonton ketika sedang libur.

 

 

Artikel ditulis oleh Adilah Raihana Putri

Senin, 28 Januari 2019

Artikel Serupa

Ke Atas