Anda berada di
Beranda > Essay > Pentingnya SDM Unggul Dalam Persaingan Dunia Kerja

Pentingnya SDM Unggul Dalam Persaingan Dunia Kerja

 

Di tengah persaingan dunia yang semakin ketat dan cepat, kehadiran SDM (Sumber Daya Manusia) yang unggul tentunya semakin diperlukan di dunia kerja. SDM yang unggul merujuk pada mereka yang memiliki kemampuan dan kompetensi yang lebih dari yang lain. Dalam hal ini, beberapa faktor yang dapat dijadikan patokan antara lain tentang pendidikan, pengalaman, kemampuan berpikir kritis, kemampuan berkomunikasi, serta kemampuan bekerja dalam tim.

Disadari atau tidak, memiliki SDM yang unggul sangatlah penting di zaman sekarang, bahkan hal itu sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi, khususnya bagi perusahaan. Dengan memiliki SDM yang unggul di lingkup perusahaan, efisiensi dan produktivitas pun sudah pasti akan meningkat. Sekaligus mempermudah tercapainya tujuan dan sasaran perusahaan.

Selain itu, keberadaan SDM unggul dalam suatu perusahaan juga dapat memberikan kontribusi yang lebih signifikan, bahkan bisa saja ia didapuk menjadi pimpinan jika memang memiliki kompetensi berlebih sesuai dengan bidangnya, serta mampu mengorganisir pekerjaan bawahannya secara lebih efisien dan teratur. Secara tak langsung, dengan memiliki SDM unggul, perusahaan juga dapat menjadi lebih kompetitif dan berkembang secara dinamis, di tengah persaingan yang semakin ketat.

Adapun untuk dapat menciptakan SDM yang unggul di dunia kerja, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menyediakan Pelatihan dan Pengembangan Karier

Cara pertama adalah dengan menyediakan pelatihan dan pengembangan karier yang berkualitas. Tak bisa dipungkiri lagi, untuk dapat menciptakan SDM yang unggul dan berkualitas, maka pelatihan dan pengembangan karier yang tersedia juga harus berkualitas pula. Hal itu dapat mendorong terciptanya hasil yang optimal bagi kedua belah pihak. SDM-nya berkualitas, kinerjanya berkualitas, citra perusahaan pun juga akan ikut berkualitas nantinya.

Perlu diingat bahwa pelatihan dan pengembangan karier ini tidak hanya berlaku bagi mereka yang belum mendapat kerja atau baru diterima kerja saja. Bagi SDM yang sudah bekerja selama beberapa tahun sekalipun, mereka tetap butuh yang namanya pelatihan semacam ini, agar kemampuan dan kompetensinya dapat terus terasah sesuai dengan perkembangan zaman.

2. Menciptakan Budaya Kerja Positif

Tidak hanya SDM atau tenaga kerja saja yang perlu menyesuaikan diri dengan dunia kerja, pihak perusahaan sendiri juga harus bisa menciptakan budaya kerja yang positif di dalam perusahaan, didukung dengan sistem reward and punishment (apresiasi dan hukuman) yang adil dan transparan.

3. Mengembangkan Sistem Seleksi dan Rekruitmen

Selain itu, pihak perusahaan juga harus mampu mengembangkan sistem seleksi dan rekruitmen yang baik, agar perusahaan dapat menarik dan mempekerjakan tenaga kerja yang memang memiliki kemampuan dan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

4. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman

Untuk menciptakan SDM yang unggul, perusahaan juga wajib menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif bagi seluruh tenaga kerja, agar mereka dapat bekerja dengan fokus dan produktif setiap harinya.

5. Mengembangkan Sistem Manajemen yang Efektif

Tak lupa, perusahaan juga perlu mengembangkan sistem manajemen SDM yang efektif, agar perusahaan dapat mengelola, mengembangkan, dan mempertahankan para SDM yang berkualitas, sekaligus mengeliminasi mereka yang kurang berkualitas.

 

Bisa dibilang, memiliki SDM yang unggul merupakan “aset” yang sangat penting bagi perusahaan. Sebagaimana makna aset pada umumnya, maka aset perusahaan berupa SDM ini juga harus “dirawat” dengan sebaik mungkin, sehingga nantinya dapat memudahkan perusahaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

 

Artikel ditulis oleh Farid W. (fari301039.mhs@ustjogja.ac.id), Mahasiswa aktif Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST)

Artikel Serupa

Ke Atas