Anda berada di
Beranda > Essay > DESA WISATA KAKI LANGIT

DESA WISATA KAKI LANGIT

Desa wisata kaki langit berada di desa Mangunan, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, Yogyakarta. Desa Wisaa Kakilangit merupakan hasil musyawarah mufakat dari tokoh masyarakat yang tergabung dalam wadah kelembagaan KKLPMD. Kaki langit mempunyai arti filosofinya. Kaki mengandung arti alat untuk bergerak dan seberat apapun beban yang ditanggung maka Kaki harus tetap melangkah. Sedangkan Langit merupakan tempat yang tidak terbatas tentang luas dan jaraknya, sehingga Kakilangit memiliki makna bahwa Desa Wisata kakilangit harus mampu menggerakan masyarakat untuk mencapai tujuan tanpa batas ruang dan waktu.

Kaki langit sendiri mempunyai 8 kaki dan langit. Diantaranya; 1. Atap langit, 2. Rasa langit,  3. Budaya langit, 4. Langit terjal, 5. Langit ilalang, 6. Karya langit, 7. Langit cerdas, 8. Langit hijau. Dari beberapa langit yang ada dikaki langit, memiliki pengertian dan makna tersendiri. Seperti atap langit yang berada dikaki langit terdapat homestay, rasa langit yaitu berbagai makanan tradisional seperti pasar tradisional,pasar semi kaki langit yang buka setiap sabtu dan minggu, budaya langit yaitu nenek-nenek yang bermain gejluk lesung, biasannya dipentaskan saat ada acara dan stay dipasar semi kaki langit. Ada juga langit terjal yaitu menyelusuri berbagai wisata di dewa wisata mangunan menggunakan jeep. Setelah itu ada Langit ilalang seperti kegiatan pemuda mangunan yang mengembangkan paket paket outbound, setelah itu ada karya langit yaitu kerajinan tangan dari salah satu pengrajin lokal asli desa wisata kaki langit, kerajinan tersebut seperti cindera mata kalung,gantungan kunci dan lain-lain, kemudian langit cerdas yaitu konsep pengembangan edukasi alam pedesaan sangat menarik untuk dikembangkan dengan peluang pasar yang cukup tinggi, seperti edukasi pembuatan rumah tahan gempa. Dan yang terakhir adalah langit hijau yaitu kegiatan masyarakat yang memanfaatkan sawah sebagai wadah berkembangnya pariwisata, seperti  menggarap sawah, membajak, menanam, mencari kayu bakar, memanen, dan lain-lain.

Namun dalam artikel ini yang akan dibahas lebih dalam mengenai paket wisata,  dalam desa wisata kaki langit dimana ada beberapa paket yang mampu merasakan atau melakukan aktivitas yang ada dikaki langit. Seperti halnya ada 1 paket amazing kaki langit, dimana dalam paket tersebut memerlukan waktu 2 hari, sehingga perlu menginap, maka hal tersebut sudah melakukan aktivitas atap langit karena harus menginap dihomestay, kemudian dalam waktu 2 hari tersebut kita bisa melakukan aktivitas seperti outbound, edukasi rumah tahan gempa, belajar gejluk lesung dan lainnya, tak lupa juga dengan pasar kaki langit yang menyediakan berbagai makanan tradisional dan dapat menyelusuri berbagai wisata yang ada didesa wisata seperti hutan pinus, kebun buah dah lainnya.

Penulis: Aufilana Ade Rahma Pangesti

Artikel Serupa

Ke Atas