Anda berada di
Beranda > Essay > MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI UNTUK MENINGKATKAN KOMITMEN DAN KINERJA PEGAWAI

MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI UNTUK MENINGKATKAN KOMITMEN DAN KINERJA PEGAWAI

Sumber daya manusia yang cerdas, dapat menyelesaikan tugas sesuai prosedur organisasi, dapat mencapai visi organisasi, dan mencapai tujuan organisasi. Organisasi beradaptasi dan berganti aturan terkait dengan keadaan lingkungan agar tetap mencapai tujuannya. Tercapainya tujuan organanisasi memerlukan SDM yang berkualitas dengan menghasilkan kinerja pegawai yang tinggi.

Memiliki pegawai berkinerja unggul menjadi harapan banyak organisasi. Dengan demikian memahami faktor-faktor apa saja yang mendukung kinerja menjadi penting untuk dicari. Penelitian yang dilakukan Elvi Kusumaningrum dan Ignatius Soni Kurniawan pada 50 orang pegawai di Balai Besar Kerajinan & Batik Yogyakarta mencoba mempelajari faktor yang mendukung perkembangan capaian luaran kerja pegawai.

Hasil penelitian menemukan bahwa budaya organisasi memiliki pengaruh pada pembentukan komitmen organisasional. Pernyataan yang menarik adalah “ada visi bersama untuk mencapai kemajuan organisasi di masa depan.” Budaya kerja yang sehat menyebabkan pegawai ingin tetap tinggal lebih lama didalam organisasi.

Lebih lanjut ditemukan bahwa komitmen organisasional dari pegawai mampu mendorong pencapaian kinerja individu. Pegawai yang ingin tinggal dalam organisasi memberikan waktu dan energi untuk memperbaiki organisasinya daripada pegawai yang tidak punya komitmen. Implikasinya pemimpin dapat memperkuat budaya organisasi untuk memperkuat komitmen organisasional yang akhirnya berdampak pada peningkatan kinerja individu.

Penulis: Elvi Kusumaningrum dan Ignatius Soni Kurniawan (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa).

Artikel Serupa

Ke Atas