Anda berada di
Beranda > News > Pemenang Lomba Film Animasi Museum Tosan Aji Purworejo Diumumkan

Pemenang Lomba Film Animasi Museum Tosan Aji Purworejo Diumumkan

PURWOREJO, SPJ – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo mengumumkan kejuaraan hasil Lomba Film Animasi Museum Tosan Aji Tahun 2023, bertema ‘Revitalisasi Potensi Budaya Purworejo oleh Milenial’, Kamis (07/12/2023) di Ruang Pertemuan B Gedung Disdikbud Purworejo malam.

Lomba film animasi ini dibuka untuk umum diikuti oleh 19 tim yang mendaftar, tiap tim terdiri minimal 5 orang. Peserta berasal dari Jawa Tengah (Purworejo), DIY (Bantul), Jawa Timur (Surabaya, Malang, Jember, Kediri, Situbondo), Jawa Barat (Tangerang, Karawang), dan Jakarta Timur. Hingga penjurian hanya 15 karya yang terkumpul, 1 diskualifikasi karena bukan karya animasi, dan yang 14 dinilai dewan juri yang terdiri dari Tedi Kusyairi (Forum Desa Sinema/Penulis/Sastrawan), Antonius Janu Haryono (Dosen ISI Yk./JFA), dan Husnul Latif (Wartawan/Forum Komik Animasi Jogja).

Kepala Bidang Kebudayaan Dindikbud Kabupaten Purworejo, Dyah Woro Setyaningsih S.Sos, MM menyampaikan bahwa kegiatan ini salah satu mengenalkan Museum Tosan Aji kepada khalayak publik.

“Dampak diadakannya Lomba Film Animasi kali ini merupakan salah satu kegiatan DAK Non Fisik BOP Museum dan Taman Budaya Tahun 2023, sebagai upaya pengenalan dan publikasi Museum Tosan Aji, juga diharapakan hasil dari Animasi ini dapat memberikan informasi dan ajakan untuk mengunjungi Museum Tosan Aji Kabupaten Purworejo dengan penyampaian yang imajinatif, kreatif dan kekinian,” kata Woro (07/11/2023).

Lomba Film Animasi ini dibuka untuk umum dan gratis, dengan total hadiah 43 Juta Rupiah, serta tropi dan piagam penghargaan, dibuka sejak 25 September hingga 2 Desember 2023, gratis pendaftaran sehingga harapannya para peserta bisa lebih mengulik detail Museum Tosan Aji.

Setelah melalui penilaian dan diskusi yang pelik antar juri lomba dengan kreteria penilaian yakni kesesuai tema dengan materi, orisinalitas ide, teknik menyampaikan pesan, alur, teknik sinematografi, teknik animasi, artistik, dan audio, akhirnya dewan juri dengan mufakat menentukan kejuaran sebagai berikut; Juara I ‘Budaya Kampung Halamanku’, Abimayu Rangga Lazuardy dkk (Purworejo), Juara II ‘Lelaku’, Alexander Rendra Haristanto dkk (Bantul), Juara III ‘Curigo’, Anak Agung Sagung Indriati Hapsari dkk (Situbondo), Juara Harapan I ‘Ayo Pergi Ke Museum Tosan Aji’, Edward Devin Wijaya dkk (Surabaya), Juara Harapan II ‘Generasi Muda Melek Budaya’, Aida Arifani dkk (Purworejo), dan Juara Harapan III ‘Astra Purwareja’, Cinta Zesnanda Azahra dkk (Bantul).

Masing-masing tim pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai, trophy, dan piagam penghargaan. Menurut Woro selama adanya kegiatan lomba ini, banyak masyarakat yang berkunjung ke Museum Tosan Aji, sehingga dampak kemudian yang diahrapkan melalui film animasi yang dibuat peserta bisa meningkatkan kunjungan masyarakat ke Museum Tosan Aji.

“Yang pada awalnya sempat pesimis tanggapan dari peserta kok belum nampak, ternyata justru akhirnya diluar ekspektasi, bukan hanya pesertanya lebih dari target minimal, tetapi karya yang masuk juga bagus. Semogga kedepannya kegiatan ini bisa diselenggarakan lagi, dengan penyelenggaraan yang lebih baik lagi, dan dapat meningkatkan apresiasi masyarakat akan budaya yang ada di Kabupaten Purworejo,” pungkas Woro. (RYN)

Video lengkap pengumuman bisa dilihat di kanal youtube pada link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=IWAFc-KAVcw

Artikel Serupa

Ke Atas