Anda berada di
Beranda > Essay > PERENCANAAN KAPASITAS STRATEGIS UNTUK PRODUK DAN JASA

PERENCANAAN KAPASITAS STRATEGIS UNTUK PRODUK DAN JASA

Dea Modis Batik dan Jumputan adalah nama usaha yang didirikan oleh Ibu Tuliswati pada tahun 2010, berlokasi di Kampung Tahunan, Kecematan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, ini terkenal akan kerajinannya berupa batik dan jumputan.

Alasan ibu Tuliswati mendirikan usaha ini karena waktu itu mengikuti darma wanita yang selalu mengadakan kegiatan dan keterampilan. Akhirnya pada saat itu beliau memutuskan untuk mendalami keterampilan batik jumputan tersebut.

Strategi kapasitas dari Dea Modis ini memiliki kapasitas produk yang berbeda di setiap bulannya tapi itu tergantung dari permintaan konsumen, agar produk tidak menumpuk.

Lalu Bagaimana Dea Modis ini  meramal permintaan konsumen? Nah, Dea Modis meramal permintaan konsumen dengan cara mengikuti perkembangan jaman dan lebih update ke jaman sekarang dan melihat kepasar yang dibutuhkan pelanggan.

Ada juga Faktor penting dalam perencanaan kapasitas jasa adalah kebutuhan untuk dekat dengan pelanggan, ketidak mampuan untuk menyimpan jasa, dan tingkat perubahan permintaan. Dan harus mempertimbangkan penentuan waktu, biaya dan strategi manajemen permintaan yang dapat digunakan untuk menyeimbangkan keterbatasan kapasitas. Taktik penentuan harga, promosi, diskon, dan taktik serupa untuk menyeimbangkan penawaran dan permintaan.

Strategi produk Dea Modis menurut saya lebih memikirkan masa depan Mengapa? Karena mereka hanya membuat produk yang sesuai dengan permintaan/pesanan konsumen agar mereka tidak mengalami penumpukan produk yang melebihi kapasitas dan ini sesuai dengan Teori Operasional.

Nama Penulis: Legio Maria Wadon, Dosen Pengampu: Putri Dwi Cahyani, S.M.,M.EI.

Artikel Serupa

Ke Atas