Anda berada di
Beranda > Essay > Observasi UMKM Gamelan Kuningan Daliyo Legiyono

Observasi UMKM Gamelan Kuningan Daliyo Legiyono

UMKM Gamelan Kuningan Daliyo Legiyono ini berdiri sejak tahun 1954 silam. Usaha ini bergerak dalam bidang produksi dan penjualan gamelan.Bahan baku utama yang digunakan kuningan dan besi. Sementara untuk harga jual persetnya untuk satu gamelan kuningan utuh dijual berkisar Rp 200 jutaan, dan yang dari plat besi mulai Rp 60 jutaan. Omset  bersih usaha ini menurut hasil wawancara dengan pemiliknya berkisar Rp. 40.000.000 sampai Rp 100.000.000.

Dalam memproduksi gamelan tersebut dibantu dengan 20 karyawan yang memiliki job desk dengan sesuai tugas masing-masing. Untuk gaji karyawan ditentukan sesuai bagian yang dikerjakan kalau bagian mendesain gamlean diberikan gaji Rp. 100.000/hari dan gaji karyawan dalam pengecetan sebesar Rp 70.000/hari.

Usaha ini dalam menerapkan tata letak atau layout produksi terlihat sudah baik hal ini terlihat dari antara proses produksi awal hingga akhir atau proses akhir dikerjakan orang yang berbeda-berbeda dan tempatnya juga tidak bercampur tangan dengan proses produksi lainnya. Pada proses pemotongan plat besi dan pencetakannya dilakukan diluar ruangkan sedangkan bagian perwarnaan letaknya ditempat yang berkeramik.

Bahwa dalam menerapkan strategi proses produksi ini menggunakan bahan baku yang berkualitas  serta dikerjakan tenaga ahli yang professional. Pada bahan baku plat besi atau kuningan  yang digunakan adalah plat besi yang tidak mudah berkarat  jika terkena air sedangkan bagian penyanggah gamelan digunakan jenis kayu yang terbaik dan tidak mudah laouk seperti jenis kayu jati.

Penulis: Afisa Nur Maulidha, Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, atas bimbingan Ibu Putri Dwi Cahyani, S.E, M.E.I

Artikel Serupa

Ke Atas