Anda berada di
Beranda > Essay > KEINDAHAN PANTAI KARANG AGUNG

KEINDAHAN PANTAI KARANG AGUNG

Dari banyaknya wisata yang ada di Kebumen Pantai Karang Agung menjadi tempat wisata yang kini banyak diminati oleh masyarakat baik dari Kebumen maupun luar Kebumen. Meskipun banyak diminati oleh pengunjung ternyata lokasi pantai ini cukup tersembunyi dimana sebauah pantai yang berada dibalik sebuah perbukitan. Hal ini membuat banyak orang kurang mengetahui dengan keberadaan pantainya. Pantai Karang Agung adalah tempat wisata yang sepi sehingga cocok untuk para pengunjung yang ingin menghilangkat penat. Tetapi biasanya saat akhir pekan atau libur lebaran, ramai dikunjungi oleh warga Kebumen dan sekitarnya bahkan dari wisatawan luar Kebumen. Untuk para pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai Karang Agung bisa  juga untuk mencari di google maps lokasinya. Untuk menuju Pantai Karang Agung ini jalan yang akan dilewati cukup terjal dan curam. Jika pantai- pantai lain memiliki lokasi parkir atau tempat penitipan kendaraan yang dekat dengan lokasi wisatanya, Pantai Karang Agung lokasinya masih belum memungkinkan untuk ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Dari lokasi parker yang berada dikanan jalan yaitu berada didepan warung-warung warga, pengunjung harus berjalan kaki melalui jalan setapak dan melawati Lorong pepohonan jati milik warga setempat sejauh satu kilometer. Medan yang harus dilewati untuk pejalan kaki juga curam maka dihimbau kepada para pengunjung untuk berhati-hati dan penuh kesabaran untuk bisa sampai dipantai.

Di Pantai Karang Agung yaitu memiliki pasir berwarna putih. Batu-batu yang ada disekitaran pantai bentuknya indah. Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu terdapat batu besar dan tinggi yang berdiri dipantai yang dilengkapi dengan pepohonan yang tumbuh diatas batu besar itu. Batu itu juga dianggap sebagai batu sakral oleh warga sekitar.

Di Pantai ini banyak karang-karang besar dan kecil. Para pengunjung bisa menikmati keindahan Pantai Karang Agung dengan bermain pasir sambil menikmati deburan ombak dan angin sepoi-sepoi menjadi aktivitas yang umum dilakukan. Para pengunjung juga bisa berenang dan menikmati ombak dipantai dan juga bisa bermain dibermain disekitana bebatuan karang yang mengelilingi batu besar. Biasanya pantai di Kebumen, dikenal dengan ombak yang ganas sehingga ada larangan mandi di pantai. Tetapi Pantai Karang Agung ombaknya tidak ganas untuk tepiannya, sehingga saat para pengunjung ingin mandi atau berenang, pengunjung bisa mengambil tempat di tepiannya atau sekitar karang besar.

Jika ke pantai kurang lengkap jika tidak berburu matahari terbenam atau sunset. Sembari bermain, pengunjung juga bisa menunggu sunset tiba disore hari dan nikmati malam di sana dengan membuat api unggun. Pantai Karang Agung juga menjadi salah satu spot sempurna untuk menanti matahari terbenam atau sunset. Untuk para pengunjung lebih baik agar membawa bekal secukupnya seperti cemilan dan air mineral karena penjualan makanan yang ada di Pantai Karang Agung masih sedikit apalagi hari biasa, tidak ada yang menjual makanan.

Pantai Karang Agung terletak di Desa Argopeni, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Terdapat dua jalur yang pengunjung bisa lalui untuk sampai di Pantai Karang Agung. Pertama melalui Gombong–Rowokele–Pantai Logendig–Desa Argopeni. Sementara, jalur kedua melalui Gombong–Karang Bolong–Pasir–Karangduwur–Desa Argopeni. Sebaiknya untuk kalian yang ingin berkunjung ke pantai ini menggunakan kendaraan pribadi karena angkutan umum belum tersedia di kawasan ini.

Penulis: Latifah Maelani

Artikel Serupa

Ke Atas