Anda berada di
Beranda > News > Pemkab Bantul Lepas Ribuan Jamaah Haji Menuju Tanah Suci

Pemkab Bantul Lepas Ribuan Jamaah Haji Menuju Tanah Suci

 

Forkopimda kab. Bantul berfoto bersama calon jamaah tertua (foto: Azka Qintory)

BANTUL – Total 1087 jamaah haji asal kabupaten Bantul secara resmi dilepas oleh Bupati Bantul, Drs. Suharsono, bersama rombongan Forkompimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) kabupaten Bantul, yang dilaksanakan di Pendopo Manggala Parasamya, Kompleks kantor Bupati Bantul, Rabu (3/7/2019).

Ribuan jamaah haji tersebut berasal dari beberapa KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji), diantaranya KBIH Rindu Ka’bah sebanyak 61 orang, Muslimat HDWR 240 orang, Aisyiyah 30 orang, Arofah 78 orang, Multazam 47 orang, Hajar Aswad 90 orang, Bina Umat 30 orang, Mandiri 52 orang dan mandiri 2 ada 54 orang.

Jumlah jama’ah calon haji asal kabupaten Bantul pada tahun ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2018 lalu, yakni sebanyak 174 jama’ah.

Menurut Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Setda Kabupaten Bantul, Sukamto, M. Pd, seluruh jama’ah calon haji ini akan diberangkatkan dalam enam kloter berbeda.”Kloter pertama akan diberangkatkan pada 12 Juli 2019 yakni 22 SOC, sementara kloter 23 SOC dan 24 SOC, berangkat pada 13 Juli,  kloter 25 SOC pada tanggal 4 Agustus, beserta kloter terakhir sebanyak tiga orang jama’ah,” kata Sukamto kepada awak media.

Bupati Bantul memberikan sambutan di depan para jamaah (foto: Azka Qintory)

Sementara Bupati Bantul Drs. Suharsono dalam sambutannya kepada seluruh jamaah mengatakan, bahwa tujuan utama seorang jamaah haji ke Mekkah adalah untuk beribadah dan melaksanakan rukun Islam yang kelima, sehingga tidak patut apabila jamaah memiliki maksud dan tujuan lain selama berada di tanah suci.

“Jangan sampai bapak-ibu selama di Arab Saudi malah mencari karpet Turki, lha di Tanah Abang (Jakarta) aja banyak, di Bantul aja juga banyak… Jadi jika tujuan kita untuk naik haji, ya itulah yang benar-benar harus kita tunaikan disana,” papar Bupati disambut gelak tawa hadirin.

Para calon jamaah haji dari kabupaten Bantul (foto: Azka Qintory)

Selain itu, Bupati juga berpesan kepada para jamaah agar selalu menjaga diri dan kesehatan, serta tak lupa selalu berkoordinasi dengan Kedutaan besar di Arab Saudi, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Ibadah haji periode 1440 H sendiri berlangsung pada awal Juli ini hingga pertengahan September 2019 mendatang. (qin)

Artikel Serupa

Ke Atas