Anda berada di
Beranda > News > SMK AAG Lanud Adisucipto Tuan Rumah Kompetisi Rocket Air Tingkat SMP

SMK AAG Lanud Adisucipto Tuan Rumah Kompetisi Rocket Air Tingkat SMP

[SMK AAG Lanud Adisucipto Tuan Rumah Kompetisi Rocket Air Tingkat SMP ]
SMK Penerbangan AAG Lanud Adisutjipto Yogyakarta untuk kesekian kalinya mendapat kehormatan menjadi tuan rumah dalam ajang  Lomba Rocket Air Tingkat SMP, yang diselenggarakan oleh  Dispora, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Event yang cukup meriah, diikuti oleh 95 tim dari 36 sekolah seluruh Kabupaten Sleman, diselenggarakan di lapangan SMK Penerbangan Lanud Adisutjipto, Senin (28/8).  Acara dibuka langsung oleh kepala seksi (kasi) kelembagaan dan kesiswaan bidang pembinaan SMP Kab. Sleman Bpk. Eko Suharyono, S.H.

Wakil Kepala Sekolah 2  SMK Penerbangan  AAG Lanud Adisutjipto Humas Hubin  Ibu Endang Wahyu Widayati, S.P,d menyampaikan bahwa setidaknya sudah 3 kali, Sekolahnya mendapat kehormatan menjadi tuan  rumah dalam Lomba Roket Air atau Water Rocket Competition.  Hal ini karena  lapangan yang cukup memenuhi syarat dan juga  tempat bernuansa Kedirgantaraan yang sangat Kondusif untuk kompetisi Water rocket dan penelitian penerbangan.

Dalam ajang Water Rocket Competition, tiap tim dituntut untuk membuat roket dengan desain aerodinamika yang tepat, memperkirakan berapa banyak air yang dimasukkan ke dalam roket sebagai bahan bakar, dan memperhitungkan sudut peluncuran agar roket dapat masuk target. Kesemuanya memerlukan pemahaman akan ilmu Fisika. Dengan mengikuti ajang Kompetisi diharapkan para siswa lebih mencintai  dan lebih bersemangat dalam mempelajari Sains.

Disampaikan juga oleh Ibu Endang Wahyu Widayati, S.P, bahwa untuk orientasi medan, sehari sebelumnya yakni hari Minggu(27/8) para peserta diberi kesempatan untuk Latihan (Pra Lomba).  Pada Lomba yang sebenarnya  setiap tim diberi kesempatan 2 kali.  Untuk penilaian dihitung yang paling mendekati dengan  sasaran yang sudah  ditentukan.   Jarak tempuh dalam Water Rocket Competition ini adalah 70m.

Berhasil menjadi Tim terbaik atau Tim juara adalah untuk kategori putri pertama SMP N 4 Depok, juara kedua diraih SMP N 5 Depok dan urutan ketiga adalah SMP Muhamadiyah 1 Minggir dan untuk Kategori Putra juara pertama diraih SMP Angkasa, Juara kedua  SMP N 1 Gamping, dan urutan ketiga dihuni SMP 4 Tempel⁠⁠⁠⁠

Artikel Serupa

Ke Atas