Anda berada di
Beranda > News > Komikus Amerika Ceritakan Pengalaman Membuat Konten Budaya Indonesia Melalui Komik

Komikus Amerika Ceritakan Pengalaman Membuat Konten Budaya Indonesia Melalui Komik

YOGYAKARTA – Event Yogyakarta Komik Weeks 2024 kembali hadir di Langgeng Art Space, 11-20 Oktober 2024. Event ini menghadirkan total 60 karya komik dari beberapa komikus di Indonesia dan khususnya di Yogyakarta, untuk kemudian dipajang selama pameran ini berlangsung.

Memasuki hari kedua penyelenggaraan, Sabtu (12/10/2024), Yogyakarta Komik Weeks kedatangan tamu spesial yakni seorang Komikus dari Seattle, Washington, Amerika Serikat bernama Rod Driver. Ia tercatat telah menghasilkan beberapa komik yang bercerita tentang kebudayaan di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Rod turut membagikan pengalamannya dalam membuat komik-komik tentang Indonesia tersebut, serta terkait bagaimana ia bisa bertahan hidup dengan menjadi seorang Komikus. Di akhir sesi diadakan pula sesi jam strip, dimana ia bersama para peserta turut melakukan praktek menggambar komik secara sederhana, yang dilakukan di secarik kertas putih.

Selain itu, ada juga giveaway buku “Komik-komik Sama-sama” karya Rod yang diberikan kepada 10 penanya dalam sesi tersebut.

Rod Driver yang ditemui oleh SPJ.com pasca sesi pun merasa senang dengan antusiasme dari para peserta, serta terkesan dengan bagaimana sambutan mereka terhadap presentasi yang diberikan Rod tentang komiknya.

“Saya begitu senang dengan jalannya event Yogyakarta Komik Weeks ini. Mereka (para peserta) punya kreativitas yang cukup tinggi, dan begitu bersemangat dengan presentasi (tentang Komik karya Rod) yang saya bawakan,” ujar Rod, Sabtu (12/10/2024).

Sedangkan Koordinator Acara Yogyakarta Komik Week, Yudha Sandy, turut mengapresiasi hasil karya para peserta dalam membuat cerita kartun sederhana dalam secarik kertas.

“Yang diutamakan disini adalah have fun (senang menggambar komik, red),” kata Yudha. Di samping menghadirkan pameran, Yogyakarta Komik Weeks 2024 jug menghadirkan sejumlah side event (event tambahan). Selain sesi jam strip bersama Rod Driver, ada juga diskusi komik, launching komik, pembacaan komik, drama komikal, Koswalk, Melodi Komik, Bazaar Komik, dan lain sebagainya. (qin)

Artikel Serupa

Ke Atas