Anda berada di
Beranda > News > ‘Harmoni Damai Dalam Sastra’ Sukses dalam Gelar Sastra Bantul 2023 di PSG

‘Harmoni Damai Dalam Sastra’ Sukses dalam Gelar Sastra Bantul 2023 di PSG

BANTUL – SPJ – Sabtu, 9 Desember 2023 Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul menyelenggarakan event sastra dengan tajuk ‘Gelar Sastra Bantul’ yang mengangkat tema ‘Harmoni Damai Dalam Sastra’. Kegiatan dimulai pukul 15.00 wib hingga selesai di kompleks Pasar Seni Gabusan Sewon Bantul.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul, Nugroho Eko Setyanto memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada para budayawan, sastrawan, dan seniman di Kabupaten Bantul serta para penonton yang turut memeriahkan acara.

“Terimakasih kepada para budayawan, sastrawan, dan seniman di Kabupaten Bantul yang selalu produktif menghasilkan dalam berkarya. Semoga dapat menghibur dan bermanfaat bagi Kabupaten Bantul,” ucap Nugroho.

Dalam kesempatan ini juga Nugroho membacakan geguritan yang berjudul Panyuwunku Marang Gusti karya Arum Sutarsih. Pada kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Bantul, Emi Masruroh Halim membacakan geguritan berjudul ‘Aku iki Bocah Bantul’ karya Budi Siswanto, dan sebuah geguritan berjudul ‘Kawula Gusti’ yang merupakan karyanya sendiri. Dwi Pudiyaningsih, Wakil Ketua TP PKK pun turut membacakan geguritan dengan judul ‘Projotamansari’ karya MM Sri Haryanti. Tampil juga panewu Srandakan Sarjiman membacakan geguritan yang berjudul Bantul Makantar karya Bambang Nugroho.

Gelas Sastra Bantul kali ini menampilkan kelompok lagu puisi ‘SABU’ (dulu Sanggar Bambu) Untung Basuki dkk., dilanjutkan parade dongeng oleh Bekti Raharjo dkk., Panggung Sastra Rakyat, #SelasaSastra (Nunung Deni Puspitasari, Nanik Indarti, Anes Prasetya), Macapat Gamelan Citraswara, Dramatisasi Cerpen oleh Sanggar Rumah Kreatif Bintang, juga ada Simphony Kerontjong Moeda, tari Golek Ayun-ayun,dilanjutkan penampilan Pena Kartika, Komunitas Sastra Bantul (Indrian Koto, Latief S. Nugroho dll), dengan Maestro Sastra Jogja: Landung Simatupang, Hamdy Salad, dan Faruk HT. Acara masih berlanjut dengan penampilan Jejak Imaji, PARAMARTA, Ngatmombilung, AdamMakna, dan diakhiri dengan tari garapan Songkok Arum. (HSL)

Artikel Serupa

Ke Atas