Anda berada di
Beranda > Essay > Keindahan Waduk Tambakboyo dan Candi Gebang

Keindahan Waduk Tambakboyo dan Candi Gebang

Berbicara tentang keindahan alam, banyak orang yang belum mengetahui bahwa terdapat beberapa tempat yang cocok untuk disinggahi saat pergi ke Yogyakarta. Tempat tersebut yaitu Embung atau Waduk Tambakboyo yang berlokasi di Dusun Tambakboyo dan Candi Gebang yang berada di Dusun Gebang. Keduanya merupakan tempat dengan lokasi yang berdekatan dan berada di wilayah yang sama yaitu Kabupaten Sleman.

Embung atau Waduk Tambakboyo

Embung atau Waduk Tambakboyo merupakan waduk yang terletak di dusun Tambakboyo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waduk yang dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2009 tersebut memiliki luas 7,8 hektare dan volume tampungan air 400.000  m3.

Waduk Tambakboyo ini memanfaatkan sumber air dari sungai Tambak Bayan dan sungai Buntung. Waduk tersebut berfungsi sebagai cadangan dan resapan air tanah untuk Bantul, Sleman, dan kota Yogyakarta, sebagai sarana pengairan, dan cadangan air untuk PDAM. Selain fungsi tersebut, kini waduk Tambakboyo juga berfungsi sebagai area wisata terbuka hijau, area berolahraga, memancing, dan sebagainya. Dengan adanya waduk ini juga menjadi sarana untuk membantu perekonomian warga sekitar melalui berdagang atau menyewakan penginapan.

Pemandangan yang disajikan waduk Tambakboyo ini sangat indah, terutama di pagi hari dan sore hari, bila beruntung maka pengunjung dapat menyaksikan sunrise dan sunset dengan latar belakang Gunung Merapi. Pemandangan berupa pepohonan hijau di sekeliling waduk yang memanjakan mata bagi siapapun yang melihatnya, udara yang segar, suara gemericik air yang dapat dilihat berbagai macam kesibukan, banyak orang yang berlalu lalang menghabiskan waktu seperti berolahraga, memancing, atau bahkan untuk sekedar menikmati pemandangan.

Pengunjung tidak perlu khawatir bila datang untuk berpiknik di waduk Tambakboyo ini, karena tersedia tempat, kios, dan kafe di sekitar waduk bagi yang ingin menikmati keindahan waduk sembari menyantap hidangan. Waduk ini menjadi pilihan terbaik untuk menikmati pemandangan berbagai kalangan terutama anak muda.

Wisata waduk Tambakboyo merupakan tempat wisata murah yang tidak memerlukan banyak biaya, karena pengunjung yang datang hanya perlu membayar biaya parkir saja. Akses menuju waduk Tambakboyo juga terbilang mudah, karena dapat ditempuh dengan berjalan kaki, menggunakan sepeda motor, dan mobil. Lokasi waduk ini dekat dengan perumahan tidak jauh dari pasar Condong Catur. Tidak hanya dekat dengan pasar, lokasi waduk ini juga dekat dengan Universitas Amikom, RS Condong Catur, UPN, Stadion Maguwoharjo, Jogja Bay, dan Candi Gebang.

Waduk Tambakboyo menjadi salah satu tempat wisata yang cocok dikunjungi untuk menikmati keindahan alam sekitar dengan lingkungan asri. Waktu terbaik untuk mengunjungi waduk Tambakboyo adalah pagi hari, selain dapat melihat sunrise juga dapat menikmati udara segar pagi hari tanpa khawatir dengan terik matahari.

 

Candi Gebang

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa terdapat Candi di dusun Gebang. Candi Gebang adalah candi yang terletak di Dusun Gebang, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Gebang ditemukan oleh penduduk lokal pada November 1936, tetapi hanya berupa arca Ganesha. Kemudian pada tahun 1937 hingga 1939 pemerintah Hindia Belanda melakukan pemugaran sehingga bentuk Candi Gebang dapat dibuat secara utuh.

Candi Gebang menyajikan keindahan yang tidak kalah indah dengan candi-candi yang lain. Candi Gebang dikelilingi dengan taman yang hijau tertata, juga pepohonan yang rindang. Di beberapa sudut taman disediakan tempat duduk untuk pengunjung beristirahat. Sedangkan di dekat pos jaga terdapat sebuah papan yang menjelaskan sejarah Candi Gebang.

Tidak banyak pengunjung yang terlihat singgah ke Candi Gebang tersebut, selain tempatnya yang berlokasi tersembunyi, belum lama ini seperti yang kita semua tahu, seluruh negeri mengalami pandemi. Ini membuat Candi Gebang sepi pengunjung, bahkan sempat ditutup untuk umum. Walaupun sepi pengunjung Candi Gebang tetap dirawat dan dijaga dengan baik oleh petugas yang menjaga.

Candi Gebang cocok dikunjungi di pagi hari, pengunjung dapat menikmati udaranya yang sejuk, pengunjung juga dapat berfoto dengan nyaman tanpa khawatir dengan teriknya matahari. Dari taman Candi Gebang kita juga dapat melihat bagian belakang Stadion Maguwoharjo yang berlokasi tidak jauh dari candi.

Akses menuju Candi Gebang tidak jauh berbeda dengan akses menuju waduk Tambakboyo, pengunjung dapat berkunjung dengan menggunakan transportasi sepeda motor juga mobil.

Keindahan yang dapat kita lihat dari kedua tempat wisata tersebut merupakan  suatu kebanggaan tersendiri bagi warga sekitar. Harapan ke depannya tempat wisata tersebut lebih banyak orang yang mengetahui dan terus terjaga kelestariannya. Keindahan alam yang tersaji di sekitar sudah sepatutnya kita jaga dan lestarikan.

 

Penulis: Annisa Nur’aini dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

 

DAFTAR PUSTAKA

Candi Gebang. (t.thn.). Diambil kembali dari Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Gebang

Waduk Tambakboyo. (t.thn.). Diambil kembali dari Wikipedia:https://id.wikipedia.org/wiki/Waduk_Tambakboyo

Artikel Serupa

Ke Atas