Anda berada di
Beranda > Essay > Keindahan Pantai Karang Agung

Keindahan Pantai Karang Agung

Keindahan pantai apa saja sih yang ada di Kebumen? Kebumen mempunyai puluhan pantai yang sangat indah dan unik. Mulai dari pantai menganti yang dijuluki sebagai surganya Kebumen, Pantai Logending yang terkenal dengan muara sungai yang dapat dinikmati dengan menaiki perahu, ada juga pantai Watu Bale yang terkenal dengan view sunset dan sunrise yang cantik dan masih banyak pantai-paintai lainnya dengan ikon yang berbeda-beda. Nah salah satu pantai di Kebumen yang belum banyak diketahui orang dan belum banyak dikunjungi wisatawan salah satunya yaitu pantai Karang Agung.

Pantai Karang Agung terletak di Desa Argopeni, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Terdapat dua jalur yang bisa dilalui untuk sampai ke pantai Karang Agung. Pertama melalui Gombong-Rowokele-pantai Logending-desa Argopeni. Sementara jalur kedua melalui Gombong-Karang Bolong-Pasir-Karangduwur-desa Argopeni. Untuk bisa melewatinya hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi karena belum tersedianya angkutan umum. Untuk bisa sampai dipantai tersebut pengunjung harus jalan kaki menuruni jalan setapak membelah hutan. Semakin mendekati pantai medan yang harus dilalui semakin curam. Harus dengan hati-hati dan penuh kesabaran, apalagi jika berkunjung saat musim hujan karena jalan yang sempit dan semakin licin. Cukup menguras tenaga namun keindahan yang disajikan sangat luar biasa. Berbeda dengan pantai-pantai lainnya, pantai Kkarang Agung sedikit memiliki pasir karena dari ujung ke ujung didominasi oleh karang dengan beragam ukuran. Karakteristik tersebut yang membuat destinasi ini diberi nama Karang Agung. Pantai ini dikenal karena keunikannya memiliki karang yang besar dan terletak tidak jauh dari bibir pantai, yang diatas karang tersebut terdapat pepohonan hijau yang menambah kecantikan pantai. Pantai ini juga menjadi salah satu spot yang sempurna untuk menyaksikan sunset atau tenggelamnya sang surya. Suasana dipantai ini sangat tenang tempatnya pun bersih karena disini tidak ada warung-warung yang berdagang. Untuk pintu masuknya pun gratis karena wisata ini belum dikelola. Kita hanya perlu membayar parkir diatas untuk menjaga kendaran kita.

Pantai Karang Agung merupakan salah satu pantai yang unik di Kebumen. Dengan keindahan dan ketenangan suasananya yang nyaman untuk dikunjungi. Namun untuk dapat sampai di pantai tersebut memang cukup menguras tenaga dan penuh kehati-hatian serta kesabaran. Pantai ini belum dikelola oleh lembaga sehingga keasriannya masih sangat alamiah.  Harapannya pantai ini tetap terjaga keasriannya dan jalan untuk menuju pantai bisa diperbaiki dan diberi keamanan yang lebih terjaga. Pantai ini juga bisa dikelola oleh warga setempat dan bisa menjadi peluang untuk meningkatkan ekonomi warga setempat.

Penulis: Nur Azizah, Nim: 2021015227, Universitas Sarjanwiyata Tamansiswa Yogyakarta.

Artikel Serupa

Ke Atas