Anda berada di
Beranda > News > Jelang New Normal, Ibadah Jumat Mulai Dibuka Untuk Umum

Jelang New Normal, Ibadah Jumat Mulai Dibuka Untuk Umum

SLEMAN – Pemerintah berencana akan melaksanakan tatanan kehidupan baru atau yang disebut new normal selama masa pendemi virus corona (covid-19). Sebelum pelaksanaan kebijakan tersebut, pemerintah telah lebih dulu melonggarkan sejumlah fasilitas publik dan tempat ibadah, yang sebelumnya ditutup secara total untuk publik.

Salah satu yang kembali dibuka adalah fasilitas tempat ibadah masjid Babussalam Polda DIY, yang kembali beroperasi hari Jumat (5/6) untuk melaksanakan ibadah  sholat Jumat.

Pelaksanaan sholat Jumat sendiri dilaksanakan seperti biasanya. Adapun pemandangan berbeda terlihat dari pintu gerbang masjid, dimana dilakukan pemeriksaan suhu badan jemaah dan dilanjutkan mencuci tangan dengan sabun, selain itu posisi antar jemaah pun dibuat berjarak.

Takmir Masjid Babussalam Polda DIY Sahrin menjelaskan, persiapan untuk memenuhi protokol kesehatan talah dipenuhi dengan menyiapkan tempat cuci tangan dan memberikan tanda silang untuk posisi jemaah.

“Alhamdulillah, kami telah menyiapkan ini sesuai protokol kesehatan, sehingga jemaah yang hadir insyaallah bisa melaksanakan ibadah dengan khusyuk,” ujarnya.

Tempat ibadah yang berlokasi di sebelah timur Mapolda DIY ini telah lebih dari dua bulan mengikuti anjuran fatwa MUI dengan menutup aktifitas ibadah.

Dalam fatwa Nomor 14 tahun 2020 itu, MUI menyebut dalam kondisi penyebaran Covid-19 tidak terkendali di suatu kawasan yang mengancam jiwa, tidak boleh menyelenggarakan aktivitas ibadah yang melibatkan orang banyak dan diyakini dapat menjadi media penyebaran Covid-19.

Sementara dengan berangsur membaiknya kondisi di kawasan Yogyakarta sejak seminggu terakhir ini, dimana angka peningkatan jumlah korban positif terpapar covid-19 semakin menurun, membuat masyarakat dapat segera menjalani kehidupan normal baru, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. (qin)

Artikel Serupa

Ke Atas