Anda berada di
Beranda > News > Pentas Lakon “Gegayuhan” Tutup Rangkaian Daulat Sastra Jogja 2023 

Pentas Lakon “Gegayuhan” Tutup Rangkaian Daulat Sastra Jogja 2023 

Pementasan puisi “Lampu Jalanan” dalam DSJ 2023 (foto: Azka Qintory)

BANTUL – Rangkaian acara Daulat Sastra Jogja (DSJ) 2023 yang merupakan bagian dari program tahunan Dinas Kebudayaan Kundha Kabudayan DIY, resmi berakhir pada Jumat malam (27/10/2023).

Masih berlangsung di Pelataran Djoko Pekik, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Hari terakhir DSJ 2023 kali ini menampilkan beberapa acara dan juga pentas pilihan, yang dimulai dari Diskusi Sastra “Meet The Legend”, yang kali ini turut menghadirkan Fery Timur Indarto, sebagai pembicara, guna membahas seorang legenda Sastra bernama Rowo Mangun.

Setelah puas mendengarkan kisah hidup dan sepak terjang Rowo Mangun di bidang sastra, selanjunya para peserta dan tamu undangan diarahkan untuk menyaksikan pementasan puisi berjudul Lampu Jalanan, yang disusul dengan pementasan cerpen.

Kemudian, sebelum ditutup dengan pementasan lakon berjudul Gegayuhan, terlebih dahulu diumumkan para pemenang DSJ 2023 dari seluruh kategori. Para juri dari masing-masing kategori, yakni puisi, cerpen, dan juga lakon (teater), juga menyampaikan masukan dan evaluasinya masing-masing, terkait jalannya proses DSJ 2023 selama satu bulan ke belakang.

Pementasan cerpen dalam DSJ 2023 (foto: Azka Qintory)

Hari semakin larut, justru suasana menjadi semakin meriah, terutama ketika para pemain lakon “Gegayuhan” tampil diatas panggung di hadapan para hadirin yang menyaksikan langsung langsung di Pelataran Djoko Pekik, maupun dari live streaming YouTube @tasteof_jogja.

Setelah pementasan lakon berjudul “Gegayuhan” usai, suasana menjadi sedikit lebih santai, namun tetap tidak kalah meriah. Hal ini karena para pemain lakon “Gegayuhan” maupun para peserta DSJ 2023 lainnya yang sudah tampil pada dua hari sebelumnya, diberi kesempatan untuk tampil membacakan puisi yang diberi sentuhan musik, alias musikalisasi puisi. Adapun pengiring musik untuk hari terakhir ini adalah Sabu, yang merupakan singkatan dari Sanggar Budaya.

Tak lupa, Sabu juga menampilkan perform karya mereka sendiri diatas panggung DSJ 2023. Total mereka membawakan empat buah lagu dalam penampilan mereka di malam terakhir acara DSJ 2023.

Bagi anda para pelajar SMA/sederajat serta mahasiswa semester awal yang tahun ini ketinggalan kesempatan untuk mengikuti rangkaian acara Daulat Sastra Jogja, anda tidak perlu khawatir. Karena tahun depan, Dinas Kebudayaan Kundha Kabudayan DIY akan kembali membuka pendaftaran Daulat Sastra Jogja untuk tahun 2024.

Jadi, persiapkan karya terbaik anda mulai dari sekarang, ya! (qin)

Artikel Serupa

Ke Atas