Anda berada di
Beranda > News > KELOMPOK SEDHUT SENUT GELAR MILANGKORI FESTIVAL 2023 KE PELOSOK DESA DI DIY

KELOMPOK SEDHUT SENUT GELAR MILANGKORI FESTIVAL 2023 KE PELOSOK DESA DI DIY

BANTUL – SPJ – Kelompok Sedhut Senut merupakan kelompok sandiwara berbahasa Jawa yang berdomisili di Bantul DIY. Melalui hibah Danaindonesiana 2023 pada kategori Dukungan Institusional bagi Organisasi Budaya berhasil menyelenggarakan berbagai program kegiatan yang sudah digelar baik untuk internal anggota maupun eksternal berjejaring dengan komunitas di beberapa daerah DIY.

Ketua Kelompok Sedhut Senut, Fajar Murdiyanto mengatakan setelah selesai dengan beberapa program sebelumnya, antara lain program workshop penguatan kapasitas organisasi, workshop publik, sarasehan, open studio, pementasan hasil workshop, dipertengahan bulan Juli ini Kelompok Sedhut Senut menggelar program publik terakhir bertajuk MILANGKORI FESTIVAL 2023 Sandiwara Berbahasa Jawa. Demikian disampaikan rilis kepada SPJ dari pendapa Kelompok Sedhut Senut di Jalan Karangati, Dusun Jetis, Kalurahan Tamantirto, Kapanewon Kasihan, Bantul, Rabu (12/7/2023).

Program publik terakhir Hasil Kelola Hibah Dana Indonesiana tahun 2022, Program Dana Abadi Kebudayaan. Peserta “Milangkori Festival 2023” Sandiwara Bahasa Jawa ini diikuti oleh 8 kelompok jejaring komunitas yang akan memperebutkan hadiah berupa uang pembinaan dengan total Rp. 60.000.000,- (Enam Puluh Juta Rupiah). Masing-masing peserta yang terlibat mendapatkan dana stimulan Rp. 5.000.000,- (Lima Juta Rupiah).

“nanti akan ada pementasan Teater K-Wat Trirenggo Bantul, Teater Gunungsewu Gunungkidul, Kelompok Menggleng Panggang Gunungkidul, Kelompok Wani Isin Mantrijeron Kota Yogyakarta, Kelompok Panterku Kulonprogo, Kelompok Maton Seyegan Sleman, Kelompok Tani Maju Ngemplak Sleman, dan Kelompok Tombo Kangen Panggang Gunungkidul,” jelas Fajar.

Sebagai puncak acaranya akan digelar 8 Agutustus 2023 sebagai pengumuman pemenang dan pembagian hadiah untuk Juara 1, 2 dan 3 Milangkori Festival 2023. Dalam perhelatan ini juga akan digelar pementasan Kelompok Sedhut Senut dengan lakon “Dumeh”.

“Diharapkan dari seluruh rangkaian program yang sudah dilakukan Kelompok Sedhut Senut menjadi langkah awal yang harapannya kedepan Kelompok Sedhut Senut mampu membuka jaringan bersama kelompok teater berbasis tradisi yang ada diseluruh wilayah DIY,” terang Fajar.

Uasaha membangun bersama spirit teater untuk upaya pemajuan kebudayaan dan pelestarian budaya khususnya dengan media bahasa Jawa yang dialihwahankan ke medium pertunukan tradisi kerakyatan yang mudah diakses oleh masyarakat luas di DIY.

Menurut Fajar, Dewan Juri Milangkori Festival 2023 akan berasal dari unsur Tokoh Teaterawan Senior, Tokoh Budaya Jawa, dan Tokoh Artistik Seni Pertunjukan. (tks)

Artikel Serupa

Ke Atas