Anda berada di
Beranda > News > Kawasan Tugu, Malioboro, dan Kraton Mendadak Ramai oleh Masyarakat yang Mengikuti Rapid Test Secara Gratis

Kawasan Tugu, Malioboro, dan Kraton Mendadak Ramai oleh Masyarakat yang Mengikuti Rapid Test Secara Gratis

YOGYAKARTA – Polda DIY bersama gugus tugas Covid 19 Provinsi DIY selama dua hari yaitu pada Sabtu-Minggu (13 dan 14 Juni 2020), menyelenggarakan kegiatan bersinergi berupa menertibkan/mendisiplinkan masyarakat di area Tugu, Malioboro dan Alun-alun Utara Kraton Yogyakarta (GUMATON) untuk mematuhi protokol kesehatan, kaitannya dengan pencegahan pandemi Covid-19.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol. Yuliyanto S.I.K., M.Sc., menerangkan, untuk hari Minggu ini, selain kegiatan mendisiplinkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan, juga dilakukan pemeriksaan rapid tes gratis kepada masyarakat yang berada di sekitar area Gumaton. Rapid tes ini juga merupakan rangkaian dalam rangka Hari Bayangkara Ke-74 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2020.

Kabid Dokkes Polda DIY Kombes Pol. dr. Is Sarifin Sp.B mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan 150 rapid test yang dibagi ke tiga titik, sehingga masing-masing titik ada 50 rapid tes, jika masih kurang akan dilakukan penambahan. Rapid test ini diperuntukkan kepada masyarakat pengunjung area Gumaton secara gratis.

Dr.Is Sarifin juga mengapresiasi kepedulian masyarakat terhadap kesehatannya masing-masing. Hal ini terlihat dari antusias masyarakat yang secara spontan mengikuti tes pada pagi hari yang bisasbisa dibilang cukup banyak. Hasil Rapid test ini pun dapat langsung diketahui masyarakat hanya dalam waktu lima sampai sepuluh menit, maka jika ada yang hasilnya reaktif maka langkah selanjutnya akan dilakukan swab/PCR. Jika hasil swab/PCR kembali positif, maka akan langsung dirujuk ke rumah sakit untuk dilakukan perawatan.

Salah satu masyarakat yang mengikuti rapid test ini memberikan tanggapan sekaligus harapannya, agar kegiatan positif yang dilakukan oleh Polda DIY ini dapat terus dilaksanakan secara berkala, sehingga akan ada lebih banyak masyarakat yang dapat dideteksi sedini mungkin.

Kombes Yulianto pun mengimbau agar masyarakat yang melakukan kegiatan di luar rumah atau melakukan aktivitas olah raga agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku,” pungkasnya. (qin)

Artikel Serupa

Ke Atas