Anda berada di
Beranda > News > SEMARAKAN SUMPAH PEMUDA KE-94, SMKN 1 PLERET GELAR LDK

SEMARAKAN SUMPAH PEMUDA KE-94, SMKN 1 PLERET GELAR LDK

BANTUL – SPJ – Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 tahun 2022, SMK Negeri Pleret menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Jumat dan Sabtu (28 dan 29 Oktober 2022) di kompleks sekolahan.

Menurut Rini S. Lestari salah satu guru SMKN 1 Pleret, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, diikuti oleh siswa yang menjadi pengurus kegiatan siswa, atau kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

“Pesertanya sekitar 70-an siswa, dari pengurus OSIS, Pramuka, Rohis, PMR dan lainnya,” kata Rini.

Kegiatan berupa pemaparan materi; Karakter Kepemimpinan, Keagamaan, Managemen Organisasi, Perencanaan Program, dan Administrasi Organisasi, menghadirkan narasumber dari guru dan pihak luar terkait seperti organisasi kepemudaan, kepolisian, dan lembaga terkait. Selain itu juga ada kegiatan Focus Group Discusion, kearaban, dan out bond.

Salah satu sesi yakni Managemen Organisasi menghadirkan narasumber Tedi Kusyairi dari DPD KNPI Bantul yang juga pegiat Karang taruna dan berbagai organisasi kepemudaan di Bantul. Pada kesempatan tersebut, Tedi Kusyairi memaparkan perihal pengertian manajemen, tujuan manajemen, fungsi adanya manajemen dan peranan manajemen, serta contoh penerapannya.

“Sebuah organisasi, yang ingin mencapai tujuannya, memerlukan manajemen. Meski ada pengurusnya, ada ketuanya, ada program kegiatannya, tanpa manajemen yang benar bisa menghambat tujuan organisasi. Manajemen itu sifatnya membagi asas kebersamaan dalam memiliki kelambagaan organisasi,” jelas Tedi Jumat (28/10/2022).

Para peserta diminta untuk memetakan struktur menajemen organisasi yang diikutinya di sekolah. Memetakan tujuan yang dijabarkan melalui program-program, membagi tugas dalam divisi-divisi, mengkontrol secara manajerial agar program berjalan sesuai kontrol acara, dalam hal ini pengurus berfungsi sebagai jalur komunikasi.

Lebih lanjut mengenai Latihan Dasar Kepemimpinan ini dijelaskan Nur Rois selaku penggagas kegiatan bahwa diperlukan untuk meng up grde pengetahuan dan pengalaman siswa dalam mengampu kegiatan organisasi di sekolah yang iikutinya.

“Memberikan bekal kepada siswa agar menguasai cara mengelola organisasi dengan baik dan benar, usai LDK akan ada penugasan implementasi pembekalan ini dalam organisasi masing-masing,” jelas Rois.

Siswa peserta merasa senang mengikuti kegiatan ini, karena belum pernah ada. Meskipun mereka disekolah sudah mengikuti kegiatan di sekolah, namun belum pernah mendapatkan pembekalan sejak awal, harapannya dari kegiatan ini bisa merumuskan kegiatan organisasio siswa dengan lebih baik.

“Semoga kegiatan ini bisa diselenggarkan setiap tahun bagi para siswa yang menjadi pengurus kegiatan di sekolah,” ujar Rois. (red).

Link video LDK SUMPAH PEMUDA SMKN 1 PLERET https://youtu.be/E3-oGdTpbEk

Artikel Serupa

Ke Atas