Anda berada di
Beranda > News > Kembangkan Potensi dan Peran Pemuda Bantul, KNPI Bantul Lantik Pengurus 17 Kecamatan

Kembangkan Potensi dan Peran Pemuda Bantul, KNPI Bantul Lantik Pengurus 17 Kecamatan

BANTUL – SPJ – Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia Kabupaten Bantul melaksanakan agenda rutin periode kepengurusan yakni pelantikan Dewan Pengurus Kecamatan serempak 17 kecamatan se-Kabupaten Bantul. Pelantikan dilaksanakan pada hari Sabtu 29 April 2023 pukul 13.00 wib sampai dengan selesai di Pendapa Manggala Parasamya II Pemda Bantul di kompleks Manding.

Menurut Ketua DPD KNPI Bantul, M. Farid Hadiyanto SE., program ini melibatkan pengurus yang direkomendasikan oleh Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) yang terhimpun di KNPI Bantul. Dari rekomendasi nama-nama tersebut kemudian diselenggarakan musyarawah mufakat untuk menyusun pengurus dalam struktur Ketua, Sekretaris, Bendahara di tiap-tiap kecamatan.

“Pada dasarnya banyak OKP yang terhimpung di KNPI memiliki kepengurusan di tingkat kecamatan dan di tingkat desa. Kepengurusan DPK periode sebelumnya sudah selesai waktunya pada tahun 2022 kemarin, sehingga perlu dibentuk lagi untuk periode selanjutnya,” ungkap Farid.

Baik yang sudah purna tugas pada periode sebelumnya dan yang akan dibentuk baru, banyak yang sudah aktif di acara-acara KNPI sebelumnya, sehingga pengukuhan atau pelantikan ini, untuk meneguhkan peran KNPI di masyarakat.

“Banyak anggota KNPI yang berperan aktif bahkan sampai di tataran wilayah desa, ada yang jadi PPK, atau Panwascam dalam tahapan pemilu. Juga banyak yang menjadi aparatur desa. Harapannya para pemuda yang terhimpun di knpi bisa lebih berperan aktif, dalam pembangunan di wilayahnya masing-masing,” jelas Farid.

Dalam kegiatannya kedepan peran DPK selain menjadi kepanjangan pengurus dan program di tingkat kecamatan khususnya, diharapkan DPK juga mampu bersinergi dengan berbagai organisasi seperti OKP dan karang taruna, serta aparatur di tingkat kecamatan.

“Fungsi pemuda dalam pembangunan sebagai agen perubahan sangat diperlukan dalam masa digital multimedia, bersinergi dengan kemajuan Teknologi informasi. Jadi tidak hanya sekedar kegiatan, pemuda di jejaringnya bisa meningkatkan perkonomian masyarakat dan kualitas SDM manusia Indonesia,” jelas Farid (29/04/2023).

Sementara itu, Dr. Titik Surati, M.Pd., sekretaris Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olaraga Kabupaten Bantul dalam sambutannya mengatakan pihaknya bangga dengan kinerja DPD KNPI Bantul, sudah melaksankan kegiatan dan bersinergi dengan program OPD, diharapkan lebih lanjut semoga DPK yang dibentuk bisa berkolaborasi dengan pihak terkait di kecamatan dan masyarakat untuk turut mendukung kemajuan bangsa.

“Ada empat hal yang harus disiapkan oleh para pemuda di KNPI yakni; pertama memahami potensi diri, mau jadi apa saja yang penting mengangkat potensi diri. Selanjutnya memahami dan menguasai teknologi terkini di era milenial ini, ketiga pemuda harus memiliki kompentensi sesuai kebutuhan industriwaktu ini, dan yang ke empat mengembangkan aspek kewirausahaan. Melalui knpi diharapkan mengembangkan banyak wirausahawan muda di Bantul,” terang Titik. (TKS).

 

Artikel Serupa

Ke Atas