Anda berada di
Beranda > News > ‘Bersatu Bangun Bangsa’, Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022 Kabupaten Bantul

‘Bersatu Bangun Bangsa’, Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022 Kabupaten Bantul

BANTUL – SPJ – Memperingati Hari Sumpah pemuda ke-94, Pemerintah Kabupaten Bantul menyelenggarakan upacara di Lapangan Paseban, Jumat (28/10/2022) diikuti peserta upacara utusan dari pelajar sekolah, organisasi kepemudaan di Bantul, guru dan pegawai negeri sipil di lingkup Pemkab Bantul.

Joko B. Purnomo hadir selaku inspektur upacara, dengan petugas upacara dari Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Bantul. Dalam amanat pembina upacara, Joko Purnomo membacakan sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang mana dalam teks pidato yang dibacakan yakni mengatakan bahwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran tentang bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras, dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

“Sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia,” kata sambutan Kemenpora yang dibacakan oleh inspektur upacara.

Usai upacara, Joko B. Purnomo mengungkapkan kepada media bahwa tema Sumpah Pemuda kali ini yakni ‘Bersatu Bangun Bangsa’, mengaharapkan kita bisa mewarisi api dari semangat Sumpah Pemuda kali ini.

“Rasa nasionalisme harus terus dibumikan kepada masyarakat, khususnya anak muda penerus bangsa, menguatkan rasa cinta tanah air, bela bangsa, melalui berbagai kegiatan yang memajukan bangsa dan negara,” kata Joko B. Purnomo.

Sementara itu Ketua DPD KNPI Kabupaten Bantul, M. Farid Hadiyanto mengungkapkan perlunya sinergi antar organisasi kepemudaan yang ada di Bantul untuk saling bahu membahu membangun Bantul.

“Kita kuatkan sinergi untuk saling berkolaborasi memajukan Bantul, jika ada hambatan kita cari solusi bersama, sehingga ada kemajuan baik dalam hal kualitas maupun kuantitas capaian kehidupan bermasyarakat di Bantul,” terang Farid. (red).
Link lengkap video ada di Kanal Youtube Bang Tedi Way
di Link berikut: https://youtu.be/b8jXlDhOKWc

Artikel Serupa

Ke Atas