Anda berada di
Beranda > News > Sidoarjo Jawab Tantangan Inovasi Dengan Datangkan Aplikasi “Desain Batik Empat Dimensi”

Sidoarjo Jawab Tantangan Inovasi Dengan Datangkan Aplikasi “Desain Batik Empat Dimensi”

Dr. Kusuma Chandra Kirana,MM. Memberikan materi pada peserta pelatihan. (Sabtu, 10/11) Foto: Istimewa.

Sidoarjo, Sabtu (10/11) Dr. Ririn Tri Ratnasari dengan anggota Dr. Sri Herianingrum dari  Universitas Airlangga Surabaya melaksanakan pelatihan yang berjudul “Pengembangan Inovasi Desain Batik Empat Dimensi untuk Meningkatkan Keunggulan Batik Rumahan”.

Dua puluh lima (25) peserta pelatihan yang merupakan pengusaha batik memperoleh metode aplikasi inovasi desain batik empat dimensi yang disesuaikan dengan karakter dan ciri khas batik Sidoarjo. Selain itu diberikan pula inovasi desain dan teknik pencelupan yang efektif serta peningkatan kompetensi di bidang konveksi perbatikan. Diharapkan selesai pelatihan, peserta dapat meningkatkan  kreatifitas dan daya inovasi usaha kecil dan menengah menuju kemandirian ekonomi.

Sebagai narasumber, didatangkan dalam pelatihan tersebut, Dr. Kusuma Chandra Kirana, dosen Magister Manajemen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta yang juga pengusaha batik tulis dan penemu inovasi batik empat dimensi. Dalam pelatihan yang diikuti dengan antusias oleh para pengrajin batik di Sidoarjo ini, narasumber juga memotivasi kepada peserta untuk lebih mengutamakan penggunaan bahan alami yang ramah lingkungan.

Suasana Pelatihan “Pengembangan Inovasi Desain Batik Empat Dimensi untuk Meningkatkan Keunggulan Batik Rumahan” (Sabtu,10/11). Foto: Istimewa.

Renaldi, salah satu pengusaha batik yang mengikuti acara tersebut mengaku puas dan merasa pelatihan tersebut sangat bermanfaat. Para peserta merasa sangat antusias dengan adanya pelatihan tersebut, karena menambah wawasan dan pengetahuan mereka tentang inovasi dan kreasi batik. Mereka juga sangat tertarik dengan ajakan penggunaan pewarna alam seraya berharap mendapatkan pelatihan lagi dengan lebih intens. (jun)

Artikel Serupa

Ke Atas