Anda berada di
Beranda > News > Lebarkan Sayap Kolaborasi UMKM Yogyakarta, JNE Gelar Goll..Aborasi Bisnis Online

Lebarkan Sayap Kolaborasi UMKM Yogyakarta, JNE Gelar Goll..Aborasi Bisnis Online

KOTA YOGYAKARTA – SPJ – Yogyakarta sebagai kota budaya dan wisata, banyak masyarakat yang membangun bisnis UMKM karena roda perekonomian kota pariwisata. Yogyakarta menjadi rumah bagi 48.000 UMKM, Yogyakarta menjadi kota yang tepat untuk digelarnya Roadshow JNE Ngajak Online, Goll…Aborasi Bisnis Online 2022 (14/10/2022).

“Selamat HUT Kota Jogja ke-256, melalui acara ini saya berharap JNE dapat memberi dukungan agar bisnis dapat bertransformasi dengan tepat dan cepat”, buka Chandra Fireta selaku Direktur JNE dalam pembukaan acara.

Mengangkat tema ‘Sing Enom Sing Dodolan’, webinar ini bertujuan dapat membuka peluang bagi para pengusaha muda untuk meningkatkan skala bisnisnya.

“JNE sungguh berkomitmen agar UMKM di Yogyakarta dapat meningkatkan konsentrasi terhadap pertumbuhannya di masa mendatang”, ujar Adi Subagyo selaku Branch Manager JNE Yogyakarta.

Acara ini menjadi momentum berkumpulnya ratusan UMKM di Yogyakarta untuk mengobarkan semangat bisnisnya menuju 2023. Hal ini diekspresikan oleh ketiga narasumber dari pegiat UMKM yang hadir yaitu Andhika Mahardika selaku CEO Agradaya, Inamul Haqqi Hasan selaku Art & Media Manager Dagadu Djokdja dan Karim Weimpy Adhari selaku CEO Starcross Clothing.

“Agradaya dibentuk dengan harapan dapat meningkatkan daya saing pertanian di Indonesia. Oleh karenanya, kita bekerja sama dengan petani rempah untuk memproduksi produk herbal, hingga saat ini mitra petani kami mampu menguasai teknologi dan memiliki nilai tambah produk hingga lima kali lipat”, ujar Andhika CE Agradaya.

Sukses memasarkan berbagai produk rempah-rempah seperti jahe dan temulawak, Andhika menyatakan pentingnya memiliki pendekatan emosional ke konsumen.

“Brand perlu mengetahui sisi apa yang diunggulkan dari mereknya. Seperti contohnya, saat ini kami sedang menyiapkan QR Code yang ditampilkan di kemasan produk, ketika di scan akan muncul kisah produk tersebut melalui website”, ujar Andhika.

Siapa yang tak kenal dengan brand busana legendaris, Dagadu Djokdja. Berdiri sejak 1994, Dagadu menjadi brand pertama yang muncul di benak konsumen ketika bicara pakaian khas Jogja. Bermula dengan membuka gerai kecil di Mall Malioboro, saat ini Inamul sukses membangun bisnis yang berkelanjutan melalui berbagai inovasi.

“Sejak 1994 pemasaran kami masih konvensional, seperti menggunakan media cetak atau koran. Namun saat ini, kami memaksimalkan digital marketing melalui media sosial karena sangat dinamis. Memproduksi beragam konten kreatif secara rutin, kami bertanggung jawab untuk menyajikan informasi dengan pendekatan yang menarik”, ujar Inamul.

Di sisi lain, Karim Weimpy Adhari selaku CEO Starcross Clothing menguak kilas balik perjuangannya sejak tahun 2002 yang bermula menjadi penjaga toko di beberapa gerai busana di Yogyakarta.

“Dari menjaga toko, saya mulai belajar bahwa ada peluang. Dengan kemampuan desain grafis yang saya miliki dan modal 500.000 rupiah, Starcross sukses berkembang hingga era ini,” ungkap Weimpy.

Kemudahan akses edukasi soal young entrepreneur di era ini mendorong Karim Weimpy untuk memotivasi para peserta yang hadir untuk membangun bisnis impiannya.

Sesuai dengan tema acara ini kali ini yaitu Goll…Aborasi, saat ini kolaborasi memainkan peranan penting untuk memenangkan pasar.

“Kolaborasi Starcross selalu dilakukan lintas pasar atau bidang, tantangannya adalah pada desain produknya seperti dengan Indomie, Hexos, dan kolaborasi kami lainnya”, ujar Karim.

Hal ini disepakati oleh Widiana selaku PR Regional Jateng DIY JNE yang juga hadir di acara ini. Ia berharap acara ini dapat melahirkan kolaborasi baru antara para pembicara serta peserta UMKM yang hadir. Selain itu, Ia juga mengungkap berbagai dukungan JNE bagi keberlangsungan UMKM setempat.

“Selain program ekspedisi, JNE memiliki banyak program yang sesuai dengan tagline Connecting Happiness, seperti gratis ongkos kirim dengan Roket Indonesia yang dapat diakses melalui aplikasi. Selain itu, konsumen loyal JNE melalui program keanggotaan JLC (JNE Loyalty Card) juga bisa mendapatkan banyak benefit seperti umroh, tak hanya konsumen, JNE juga memberi keuntungan bagi karyawan dengan usia kerja 10 tahun untuk diberangkatkan umroh,” jelas Widiana.

Menutup webinar ini, Widiana juga mengingatkan para peserta untuk mampu membuka peluang kolaborasi tak hanya dengan JNE, namun dengan sesama UMKM yang hadir. Yogyakarta merupakan kota ke-49 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2021 telah dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Yogyakarta, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Tasikmalaya pada 20 Oktober 2022. (Supri-red).

Artikel Serupa

Ke Atas