Anda berada di
Beranda > News > Basa-basi Launching ‘Uang yang Terselip di Peci’, Akiko Iwata Ajarkan Cerpen Satmoko di Jepang

Basa-basi Launching ‘Uang yang Terselip di Peci’, Akiko Iwata Ajarkan Cerpen Satmoko di Jepang

(BANTUL-SPJ) Penerbit Basabasi menerbitkan buku antologi cerpen berjudul ‘Uang yang Terselip di Peci’ karya sastrawan Satmoko Budi Santoso, april 2022. Dalam diskusi yang ditayangkan kanal youtube ‘Bang Tedi Way’ selasa 26 April 2022, Satmoko Budi Santoso mengungkapkan bahwa buku ini berisi 21 judul cerita pendek yang pernah terbit selama 15 tahun terakhir.

“Penerbitannya relatif cepat, saya kumpulkan naskahnya akhir tahun, desember 2021 ditawarkan ke penerbit Basabasi, di setujui, lantas terbit bulan april,” kata Satmoko.

Satmoko menyebutkan bahwa cerpen-cerpen tersebut sebelumnya telah dimuat berbagai media masa, seperti Media Indonesia, Suara Merdeka, Kedaulatan Rakyat, Suara Muhammadiyah, Detik, Cendana News, dan Minggu Pagi.

“Secara tema, umumnya mengangkat topik keseharian, hal-hal yang unik dalam kehidupan. Seperti cerpen berjudul, ‘Alamat Kebahagiaan’, ‘Dua Keris’, ‘Angkringan Pandemi’, ‘Wasiat’, dan ‘Uang yang Terselip di Peci’, terinspirasi dari cerita kehidupan keseharian yang ada di sekitar saya,” jelas Satmoko.

Dalam pengantar bukunya, Akiko Iwata, seorang Guru Bahasa Indonesia di Nagoya Jepang, sebelumnya mengajarkan cerpen karya Satmoko dikelasnya, berangkat dari cerpen tersebut untuk memahami unsur budaya dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang tersirat dalam karya-karya Satmoko. Ada beberapa kata yang memiliki kemiripan makna meskipun artinya cukup jauh berbeda, inilah unsur budaya yang ada dalam karya sastra.

‘Misalnya digambarkan aspek budaya, seperti topik adat, kebiasaan di Jawa, kebiasaan dalam agama seperti mengenakan peci atau pergi umrah, pewayangan, hiburan seperti sirkus serta film, wasiat, dan sebagainya’, tulis Akiko Iwata.

Lebih detail mengenai isi bincang-bincang sastra dengan satmoko Budi santosa yang baru saja melaunching buku antologi cerpen dapat dinikmati dalam link video sebagai berikut ini; https://www.youtube.com/watch?v=FI_KMCMAi4o . (TKS)

 

Artikel Serupa

Ke Atas