Anda berada di
Beranda > News > Rangsang Lahirnya Bu Tedjo Muda, Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul Gelar Lomba Film Fiksi 2020

Rangsang Lahirnya Bu Tedjo Muda, Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul Gelar Lomba Film Fiksi 2020

BANTUL – Ditengah pandemi corona yang entah kapan selesainya, Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul kembali menggelar Lomba Film Fiksi Tahun 2020, mengangkat tema, ‘Pengaruh Pandemi Corona Terhadap Perkembangan Seni Budaya’.

Menurut Slamet Pamuji, S.Pd., M.Pd., Kepala Bidang Adat Tradisi Seni Dan Lembaga Budaya, kegiatan ini ditujukan untuk membangun regenerasi sineas baru, sehingga kelak akan ada aktor dan aktris hebat yang lahir dari kegiatan ini, seperti Bu Tedjo yang lagi viral, diharapkan nantinya para peserta juga mengikutsertakan film karyanya untuk festival dan lomba film di tempat lain.

“Target pesesrtanya adalah pemuda ber-KTP Bantul yang usianya 17-22 tahun, yang penting belum 23 tahun bisa ikut ambil bagian,” tegas Slamet Pamuji.

Hal itu didasari banyaknya potensi anak muda dari Bantul yang berkecimpung dalam dunia audio visual, sosial media, dan turut juga dalam berbagai event seni budaya. Slamet Pamuji menegaskan bahwa Dinas Kebudayaan peduli pada keadaan masyarakat ditengah pandemi corona.

“Generasi senior sineas di Bantul banyak yang sudah memiliki track positif di dunia film tanah air, mereka sudah bekerja secara profesional, perlu juga untuk membina dan memberi ruang yang masih muda, biar bersemangat membangun masyarakatnya, apalagi ditengah-tengah pandemi corona, biar yang muda memunculkan ide-ide inspiratif bagi perkebangan seni dan budaya di Bantul,” kata Slamet Pamuji.

Sementara itu, Alib Biyono, S.Sn. mengatakan bahwa kegiatan ini diambil karena sudah merupakan program kontinyu dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul.

“Dalam situasi sebelum corona lalu, ada agenda yang berkelanjutan, mulai dari workshop film, lomba film, dan pembuatan film bagi yang sudah profesional. Karena tahun 2020 ini baru memasuki masa pandemi, kemarin penganggaran kegiatan perlu disesuaikan, semoga tahun-tahun selanjutnya masih bisa dipertahankan dan bisa mengembangkan kegiatan lain, bagi perkembangan perfilman di Bantul,” jelas Alibiyono.

Alib Biyono menjelaskan, tahun lalu 2019 dari 17 peserta diambil juara 1 hingga juara harapan 3, plus pemilihan sutradara terbaik. Tahun ini ada tambahan kategori kejuaraan, penulis skenario, kameramen, aktor dan aktris terbaik, masing-masih akan mendapatkan hadiah trophy, piagam, dan uang pembinaan total Rp. 59.200.000,00 rupiah.

“Meski dimasa pandemi, diharapkan justru pesertanya akan lebih banyak, jadi silahkan peserta bisa mendaftar dahulu ke panitia paling lambat 30 September, nanti pengumpulan film maksimal 30 Oktober, tanggal 4 November diumumkan pemenangnya, dan akan diundang perwakilannya untuk menerima hadiah pada tanggal 9 November, info lebih jelas silahkan menguhubungi nomor 082275901937,” kata Alib Biyono.

Sementara itu Tedi Kusyairi, koordinator umum Paguyuban Sineas Bantul menyambut baik agenda tahunan ini, menurutnya bahwa upaya pembinaan pengembangan bagi kegiatan perfilman perlu dilakukan secara kontinyu dan ekploratif sesuai perkembangan jaman dan keadaan.

“Pertama banyak insan film nasional yang berasal dari Bantul, kemudian ada sekolah dan perguruan tinggi perfilman di Bantul, SMK Multimedia, melalui jejaring anak muda di Karang Taruna, KNPI, organisasi-organisasi kepemudaan, banyak yang bergelut di dunia audiovisual, kegiatan lomba film ini akan merangsang anak muda untuk berkarya film,” kata Tedi Kusyairi.

Menurut Tedi, saat pandemi corona ini, sekarang banyak anak muda, pelajar dan mahasiswa yang membuat film, dan diuplod di youtube, hal ini merupakan indikasi bahwa dunia film menjadi salah satu penyaluran bakat anak muda dalam berkarya.

“Perhatian pemerintah diperlukan untuk turut menopang pengembangan dunia perfilaman, apalagi dalam hal regenerasi menuju dunia kerja profesional, semoga kelak akan ada banyak kegiatan perfilman dari pemerintah Bantul, yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, apalagi disaat pandemi seperti ini,” pungkas Tedi. (noel).

Unduh disini : Formulir & Ketentuan Lomba Film Fiksi Tahun 2020 , JUKLAK LOMBA FILM TERBARU

Simak disini : #lomba #film #fiksi #pemuda #bantul #yogyakarta

  1. Hendak Lahirkan Bu Tedjo Muda Disbud Bantul Gelar Lomba Film https://youtu.be/rS-OxFiBQqU
  2. Perhatikan Syarat Lomba Filmnya Ya Kawan https://youtu.be/cKKpJC3t6Qc
  3. Belajar Dari Tahun Kemarin, Sekarang Mau Buat Judul Film Apa https://youtu.be/zE6Zrk6u9NQ
  4. Belajar Bikin Film Fiksi Buat Pemula https://youtu.be/7C7IRLltOGc
  5. Ide ide Cerita Buat Film Dimasa Pandemi Corona https://youtu.be/BypapzeHbf0

Artikel Serupa

Ke Atas