Anda berada di
Beranda > News > Polda DIY Gandeng Perpadi DIY Bantu Warga Terdampak Covid 19

Polda DIY Gandeng Perpadi DIY Bantu Warga Terdampak Covid 19

 

YOGYAKARTA – Polda DIY bersenergi dengan Pimpinan Daerah (DPD) Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) DIY, menyalurkan bantuan langsung kepada warga miskin yang terdampak Pandemi Covid 19, di area Pasar Senthir, Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Senin (13/4).
Mereka yang mendapat bantuan berupa beras adalah warga yang biasa bekerja harian lepas seperti buruh gendong, tukang becak, hingga para pengemudi Ojek Online. Kasubdit V Ditintelkam Polda DIY AKBP Moch Nawawi SPd., Msi., kepada sejumlah awak media di lokasi pembagian mengungkapkan, penyaluran bantuan dengan menggandeng DPD Perpadi DIY merupakan wujud nyata Polri dalam berkomitmen menjaga situasi kondusif di DIY selama masa wabah virus Corona masih berjangkit.
“Adanya dampak Covid 19 yang mengganggu aktifitas bekerja masyarakat, sehingga kehilangan atau menurun penghasilannya. Kita turun tangan ikut meringankan itu,” tutur AKBP Nawawi.

Lebih lanjut disampaikan, untuk hari ini saja setidaknya sudah ribuan karung beras yang telah dibagikan di berbagai titik di DIY. Ada sebagian bantuan diserahkan langsung di sejumlah titik oleh Kapolda DIY Irjen Pol. Asep Suhendar yang ikut turun dan terlibat aktif dalam aksi sosial ini.
“Kita berharap gerakan ini bisa menjadi contoh dan membantu mereka yang terdampak langsung wabah ini. Bantuan ini akan terus berlanjut, melihat situasi dan kondisi,” ucapnya.

Meski demikian AKBP Nawawi berharap, agar wabah ini segera selesai sehingga situasi akan kondusif kembali dan warga masyarakat bisa bekerja lagi. Dengan demikian perekonomian masyarakat dapat pulih kembali sebagai mana sebelum wabah virus Corona ini berjangkit. Ditambahkan AKBP Nawawi, pihaknya berkomitmen terus bergerak dalam gerakan sosial ini. Selain itu dia juga memperkirakan pada pertengahan bulan Mei 2020 nanti atau menjelang Lebaran, akan ada gerakan sosial serupa untuk warga tak mampu.
Ketua DPD Perpadi DIY Arif Yuniarto Kurniawan SE.,MM, mengungkapkan dukungannya serta apresiasi atas gerakan sosial yang dilakukan pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) ini. Arif mengaku pihaknya akan terus berkomitmen ikut mendukung gerakan sosial ini. Terlebih dalam upaya penanganan dampak ekonomi yang disebabkan dari wabah virus Corona.
“Kami selalu siap membantu gerakan sosial ini dan akan terus mengupayakan adanya ketersediaan bahan pangan khususnya beras agar selalu ada di pasar,” tutur Arif.

Menurut dia panen di DIY selalu berkelanjutan, stok persediaan beras di gudang para anggota masih dalam jumlah yang aman untuk beberapa bulan ke depan. Terlebih lagi saat ini disejumlah daerah juga mulai mendekati masa panen. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan terjadinya kelangkaan bahan pokok beras.
“Panen di Yogya selalu berkelanjutan sehingga tidak perlu khawatir stok pangan menipis. Kita masih memiliki cadangan pangan di gudang-gudang anggota. Perpadi sudah memiliki jaringan di berbagai daerah di Jawa sehingga kita akan mudah mencari kalau memang dibutuhkan,” pungkasnya. (Har)

 

Artikel Serupa

Ke Atas