Anda berada di
Beranda > News > UST Mantabkan Jiwa Wirausaha Mahasiswa Lewat Workshop Kewirausahaan “Menciptakan Pengusaha, Membangun Negeri #3”.

UST Mantabkan Jiwa Wirausaha Mahasiswa Lewat Workshop Kewirausahaan “Menciptakan Pengusaha, Membangun Negeri #3”.

Sabtu (27/4) Foto: Tim Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK UST), Nara Sumber Workshop, dan dosen pembina Wirausaha Mahasiswa Berfoto bersama untuk dokumentasi.

Yogyakarta,  Sebanyak 43 mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) tidak membiarkan Sabtu (24/4) sebagai hari libur, lewat begitu saja. Terbagi dalam 14 tim dan berasal dari lintas Prodi UST, mereka mengikuti  Workshop Kewirausahaan dengan tema “Menciptakan Pengusaha, Membangun Negeri #3″. Workshop ini sudah ketiga kalinya diselenggarakan dan workshop kewirausahaan #1 dan #2 yang dilaksanakan pada tahun 2017 dan 2018 telah menghasilkan 21 usaha mahasiswa binaan dengan berbagai jenis usaha. 

Tahun 2019 merupakan tahun ketiga dan terakhir UST memenangkan hibah IPTEK Bagi Kewirausahaan (IbK)/Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK).  Tim yang diketuai oleh Dr. Sri Hermuningsih, MM., CFP, dan beranggotakan Retno Widiastuti, S.T., M.Eng, dan V. Reza Bayu Kurniawan, S.T., M.Sc. menjelaskan bahwa Hibah IbK/PPK merupakan salah satu skema pengabdian masyarakat yang disediakan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang bertujuan untuk menghasilkan wirausaha-wirausaha baru dari kampus melalui program terintegrasi dan kreasi metode mandiri yang dilakukan oleh UST sebagai salah satu unversitas pemenang hibah. Pelaksanaan PPK UST meliputi eksibisi pada INVESDA Forum dan Expo 2019 yang saat ini sedang dilaksanakan di JEC, Eksibisi pada Sunday Morning, WorkshopKewirausahaan, dan target publikasi ilmiah pada jurnal serta dihasilkannya buku pedoman berwirausaha bagi mahasiswa.

Sabtu (27/4) Foto: Ir. Polin W. Napitupulu, M.Si, sebagai wirausahawan memotivasi peserta untuk berwirausaha.

Tema dan konsep workshop 2019 tidak berbeda dengan yang pertama (2017) dan kedua (2018). Pada Workshop Kewirausahaan ketiga ini akan disampaikan materi mengenai motivasi usaha oleh praktisi/pengusaha yaitu Ir. Polin W. Napitupulu, M.Si, inovasi pengembangan usaha yang akan disampaikan oleh V. Reza Bayu Kurniawan, S.T., M.Sc, dan legalisasi usaha yang akan disampaikan oleh Retno Widiastuti, S.T., M.Eng sebagai dosen pengembangan produk di Program Studi Teknik Industri UST.  Tim yang telah diseleksi untuk mengikuti workshop kewirausahaan ini akan diberikan dana stimulan dan pembinaan yang nantinya produk-produknya akan itampilkan pada suatu eksibisi.

Dalam Sambutannya sebagai Ketua Tim Pelaksanaan IbK/PPK di UST, Dr Sri Hermuningsih MM CFP, mengatakan, ” Program ini merupakan salah satu bukti dukungan Rektor UST, Drs. H. Pardimin, M.Pd., Ph.D beserta jajarannya dalam mendorong mahasiswa maupun alumni UST untuk memiliki kompetensi berwirausaha. Hal ini diperkuat dengan kemajuan teknologi di era digital yang dapat mendukung pengembangan usaha mahasiswa UST ke skala yang lebih besar”. Selain itu beliau juga menambahkan bahwa pelaksanaan PPK UST ini juga bekerjasama dengan Divisi Kewirausahaan Pusat Karir UST.

“Acaranya sangat menarik banget karena dapat menumbuhkan dan membangun semangat jiwa kewirausahaan buat pengusaha muda khususnya untuk mahasiswa UST Dan harapannya semoga kegiatan seperti ini terus dilakukan secara continue” tutur Raditnis Ketut Cahyo Suryani seorang Mahasiswi Manajemen UST. Saat ditanya apa usahanya, dia menjelaskan Rendang vegan usahanya dengan penuh antusias. (ejun)

 

 

 

Artikel Serupa

Ke Atas