Anda berada di
Beranda > News > Anggota Skatek 043 Belajar Merawat Jenazah

Anggota Skatek 043 Belajar Merawat Jenazah

Anggota Skatek 043 melaksanakan praktek perawatan jenazah (foto: Dok. Lanud Adisucipto)

SLEMAN – Diperlukan sebuah upaya untuk memberikan keterampilan dalam merawat jenazah, hal itu juga dimaksudkan agar setiap orang dapat melaksanakan serta mengurus jenazah dengan baik dan benar sesuai syariat Islam. Demikian pengantar singkat yang disampaikan Kasi Bintal Lanud Adisucipto Letkol Sus Rosidi, pada acara pelatihan perawatan jenazah kepada seluruh anggota Skatek 043, Kamis (6/4/2017), bertempat di Hanggar Skatek 043 Lanud Adisucipto.

Letkol Sus Rosidi menambahkan, “Perawatan jenazah merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan seorang muslim, dan ini tindakan yang harus dilakukan oleh segenap warga atau masyarakat bila mendapati keluarga atau warganya ada yang meninggal dunia. Akan tetapi, justru banyak orang yang benganggapan bahwa keterampilan merawat jenazah itu tidak penting atau tidak bermanfaat. Oleh karena itu penting adanya untuk mensosialisasikan perawatan jenazah ke seluruh satuan di jajaran Lanud Adisucipto,” papar Kasi Bintal.

Menurutnya, dalam pelatihan yang dilaksanakan selama kurang lebih tiga jam tersebut, para peserta diberikan materi diantaranya cara memandikan, mengkafani, mensholatkan dan mengubur jenazah yang sesuai tuntunan agama Islam.

“Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, semua anggota memiliki ketrampilan dan bisa melaksanakan perawatan Jenazah di tengah-tengah masyarakat ataupun pada pelaksanaan kegiatan operasi,” lanjut Kasi Bintal.

Sementara Komandan Skatek 043 yang diwakili oleh Kasihar Mayor Tek Donni Ismu Wardana, menyambut baik inisiatif program kerja dari satuan Bintal, terkait perawatan jenazah yang benar sesuai syariat.

“Kami berharap setelah mengikuti pelatihan perawatan jenazah ini, para anggota Skatek 043 dapat mempraktekkan dan menularkan ilmunya di lingkungan tempat tinggalnya” katanya. (qin)

Artikel Serupa

Ke Atas