Anda berada di
Beranda > News > FKY 2024: Bersiasat Dalam Menghasilkan Karya Seni

FKY 2024: Bersiasat Dalam Menghasilkan Karya Seni

BANTUL – Rangkaian acara Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2024 yang berlangsung pada 10 hingga 18 Oktober 2024, tidak hanya dipusatkan di Lapangan Bawuran, Pleret, Bantul saja. Melainkan juga berlangsung di beberapa tempat strategis lainnya, yang letaknya masih cukup dekat dengan Lapangan Bawuran.

Salah satunya ada di MCC Tepi Sabin, yang menjadi lokasi dari Pameran bertajuk “Azimat Siasat”. Pameran ini juga merupakan salah satu rangkaian dari acara FKY 2024. yang berlangsung dari tanggal 10 hingga 17 Oktober 2024.

Istilah “Azimat Siasat” ini sendiri mengacu pada tema FKY 2024 yaitu terkait ke-benda-an, yang secara sederhana dapat diartikan sebagai “jimat” (pelindung), atau segala sesuatu yang dipercaya memiliki kekuatan yang dapat menjadikan individunya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Sehingga bisa dikatakan, “Azimat siasat” adalah siasat atau trik bagi para seniman untuk menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Tomi Firdaus selaku Programmer Pameran Azimat Siasat, mengungkapkan bahwa pameran ini diikuti oleh total 52 seniman dari berbagai genre, seperti karya lukis, patung, instalasi, kriya, hingga multimedia.

“Para seniman (yang memamerkan karya di Pameran Azimat Siasat, red) diperoleh melalui dua jalur, yakni jalur undangan dan juga jalur panggilan terbuka, yakni panggilan bagi mereka (para seniman) yang berdomisili di DIY dari berbagai usia,” pungkas Tomi yang ditemui di sela-sela pameran, Jumat (11/10/2024).

Tomi pun berharap, keberadaan pameran Azimat Siasat dalam rangkaian FKY 2024 kali ini dapat mengajak masyarakat sekitar, untuk dapat melihat dan memaknai karya seni yang disajikan dalam berbagai bentuk. Dan setiap orang juga dapat membuat karya seninya masing-masing dari benda-benda yang ada di sekitar mereka, tanpa harus menggunakan alat-alat yang sifatnya eksklusif seperti kuas, kanvas, dan lain sebagainya. (qin)

Artikel Serupa

Ke Atas