Anda berada di
Beranda > News > Pengabdian Literasi Untuk Masyarakat oleh Komunitas Remaja Geblek Bersastra Kolaborasi dengan Duta Pemuda Kulon Progo

Pengabdian Literasi Untuk Masyarakat oleh Komunitas Remaja Geblek Bersastra Kolaborasi dengan Duta Pemuda Kulon Progo

KULON PROGO – SPJ – Komunitas Remaja Geblek Bersastra (Regas) merupakan komunitas pemuda Kulon Progo yang berfokus pada gerakan sastra, baik sastra Indonesia maupun sastra Jawa. Regas berkolaborasi dengan Duta Pemuda Kulon Progo melaksanakan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan literasi pada anak di TBM Lanthip Kinanthi Giripeni, Kulon Progo pada hari Jumat, 9 Februari 2024. Terdapat 40 peserta telah hadir baik anak-anak dari TBM Lanthip Kinanthi Giripeni dan anggota Regas.

Dengan tajuk ‘Menumbuhkan Literasi Asyik untuk Anak-Anak’, pengabdian literasi memberikan dampak dan pemahaman literasi lebih lanjut bagi anak-anak. Anak-anak merasa senang dengan kegiatan literasi tersebut karena tidak membosankan dan tak hanya berliterasi yang hanya membaca saja. Ada pun kegiatan pengabdian literasi diisi dengan belajar mengenal huruf abjad, berhitung, bercerita, dan mewarnai.

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Tri Wahyuni selaku founder Komunitas Regas dan pernah menyandang Duta Pemuda Kulon Progo tahun 2020. Tri Wahyuni menggandeng Duta Pemuda Kulon Progo untuk turut serta mengabdi di masyarakat dan memberikan kontribusi nyata mereka sebagai Duta Pemuda Kulon Progo. Adapun narasumber dalam kegiatan tersebut yakni Siti Anastasya Pramudita selaku Duta Pemuda Kulon Progo 2022 dan Mufti Putri Dewi Buana selaku Duta Pemuda Kulon Progo 2021. Kegiatan tidak kalah seru dengan penampilan cerita dongeng dari Paulina Mellani Intan Ayu Setiawati selaku Duta Pemuda 2023. Duta Pemuda Kulon Progo yang turut mengabdi bersama yakni Mutia Afdila Putri (2023) dan Susilawati (2022).

Tri Wahyuni menerangkan bahwa bentuk pengabdian ini sebagai bentuk pengabdian Duta Pemuda Kulon Progo kepada masyarakat dalam bidang literasi dan sosial yang mana bekerja sama dengan komunitas Regas.

“Harapannya kegiatan ini mampu memberikan manfaat dalam hal ilmu dan peningkatan literasi serta memberikan kesempatan untuk terus berkarya,” kata Tri.

Kegiatan pengadbian literasi ini pun juga disambut baik oleh Dian Astutik Wulandari selaku pengelola TBM Lanthip Kinanthi Giripeni, Kulon Progo.

“Kegiatan ini harapannya bukan pertama dan terakhir di TBM Lanthip Kinanthi. Kami berharap kegiatan literasi untuk anak-anak bisa diselenggarakan secara rutin dan pada kegiatan selanjutnya dapat diadakan lomba berbasis literasi dan sastra untuk anak-anak maupun remaja juga,” tutur Dian. (IST)

Artikel Serupa

Ke Atas