Anda berada di
Beranda > News > Menuju Pergantian Kepengurusan, DPD KNPI Bantul Siap Hadapi Era Baru Di Bidang Kepemudaan

Menuju Pergantian Kepengurusan, DPD KNPI Bantul Siap Hadapi Era Baru Di Bidang Kepemudaan

BANTUL – Di akhir masa kepengurusan periode tahun 2019-23, DPD KNPI Bantul akan kembali menyelenggarakan Musda (Musyawarah Daerah) pada Sabtu (18/11/2023), yang bertempat di Pendopo Parasamya, Kompleks Kantor Bupati Bantul.

Rencananya dalam Musda nanti, akan dibentuk kepengurusan baru periode 2023-2026. Beberapa program kepemudaan yang akan dilakukan meliputi penanganan kenakalan remaja, isu pengelolaan lingkungan dan sampah, pengelolaan Danais (Dana Keistimewaan), serta membangun kesadaran dalam edukasi politik, khususnya untuk menyiapkan kader-kader baru di masa depan, dan lain sebagainya.

Adapun sebelum pelaksanaan Musda nanti, telah dilaksanakan beberapa kegiatan penunjang, seperti verifikasi OKP (Organisasi Kemasyarakatan Pemuda), membentuk kepengurusan baru di seluruh 17 kecamatan di kabupaten Bantul, serta menyelenggarakan kegiatan Pra-Musda.

Sekjen DPD KNPI Bantul, Durori bersama Ketua DPD KNPI Bantul, M. Farid Hadiyanto (foto: Azka Qintory)

Ketua DPD KNPI Bantul periode 2019-2023, M. Farid Hadiyanto, menyatakan bahwa dalam Musda nanti, pihaknya akan berupaya untuk mengusulkan rancangan Pergub (Peraturan Gubernur) tentang Kepemudaan di provinsi DIY,

“Kami berupaya menjadi garda terdepan untuk dapat mengusulkan Pergub ke Pemerintah provinsi, yang nantinya akan menjadi acuan di bidang kepemudaan, sehingga akan tercipta akses baru bagi pemberdayaan, pembinaan, dan penyadaran bagi para pemuda. Dimana harapannya Pergub ini akan menjadi jembatan support dari Pemerintah untuk para pemuda,” kata Farid Hadiyanto dalam konferensi pers di kawasan Sewon, Bantul, Rabu sore (15/11/2023).

Menurut Farid, selama masa kepemimpinannya sejak 2019 silam, sudah ada beberapa capaian yang telah dirasakan oleh para pemuda di kabupaten Bantul, antara lain penambahan OKP atau Organisasi Kepemudaan, lalu terciptanya program “Diskusi Rabu Malam” yang menjadi wadah bagi para pemuda Bantul untuk menyuarakan aspirasinya tentang berbagai hal yang terjadi di wilayah Bantul, dan masih banyak lagi.

“Organisasi (OKP) itu sendiri terdiri dari unsur pelajar, Ormas, Partai, Mahasiswa, dan juga Komunitas. Sementara untuk program “Diskusi Rabu Malam” itu merupakan forum diskusi lintas partai, lintas organisasi kepemudaan, serta lintas aktivis pemuda di wilayah Bantul,” tambah Farid Hadiyanto.

Sebagai Ketua kepengurusan lama yang akan segera purna jabatan, Farid pun berharap bahwa kepengurusan DPD KNPI Bantul yang baru nantinya dapat melanjutkan sejumlah jejak positif yang sudah dihasilkan oleh kepengurusan lama. Sehingga kinerjanya pun akan bisa lebih dimaksimalkan lagi di masa yang akan datang.

Adapun Musda nanti akan mengambil tema “Pemuda Sebagai Pemersatu Bangsa”, dalam artian bahwa pemuda harus terus hadir dan dilibatkan dalam setiap aspek kegiatan di lingkungan masyarakat, termasuk dalam hal ini juga melakukan pengawasan menjelang pelaksanaan Pemilu pada 2024 mendatang. (qin)

Artikel Serupa

Ke Atas