Anda berada di
Beranda > News > Ditintelkam Polda DIY Serahkan Bantuan Alat Pertanian Kepada Petani Holtikultura di Puncak Merapi

Ditintelkam Polda DIY Serahkan Bantuan Alat Pertanian Kepada Petani Holtikultura di Puncak Merapi

SPJ – SLEMAN – Dalam menghadapi perubahan iklim dan diprediksi akan terjadi El Nino, petani Holtikultura Puncak Merapi menerima bantuan alat pertanian dari Direktorat Intelkam Polda DI Yogyakarta. Bantuan berupa alat semprot dan pupuk tersebut diserahkan oleh Panit II Subdit II Bidang Ekonomi Direktorat Intelkam Polda DIY, Gatot Wahyu Wijaya Saputra SH, MM, yang diterima langsung oleh Ketua Paguyuban Petani Holtikultura Puncak Merapi, Inoki Azmi Purnomo, Senin (12/6/2023).

Inoki mengatakan area di puncak merapi cukup subur, dan menjadi pendukung ketahanan pangan khususnya di Kabupaten Sleman dan merasa bersyukur bisa menerima bantuan untuk menyokong perkembangan pertanian di wilayahnya.

“Kami sangat apresiasi hadirnya Polda DIY, ditengah-tengah masyarakat khususnya pertanian seperti ini. Ini salah satu upaya untuk menjaga stabilitas ketahanan pangan,” ujar Inoki melalui keterangan resminya.

Potensi pertanian hortikultura diantaranya komoditas unggulan seperti salak pondoh, cabai, dan bawang merah. Saat ini terdapat 11 kelompok tani, 12 kelompok ternak dan empat kelompok wanita tani (KWT).

Perwakilan Dinas pertanian dan ketahanan Pangan Kabupaten Sleman, Budiman, menuturkan, untuk mendukung ketahanan pangan agar berjalan dengan baik, pihaknya akan memberikan pendamping melalui kegiatan yang bisa di akses petani.

“Pendampingan yang dilakukan melalui kelompok maupun Gapoktan yang ada di Kabupaten Sleman. Pendampingan itu sebagai salah satu peran dinas dalam menjaga stabilitas pangan,” jelasnya.

Bantuan diserahkan di sela-sela acara diskusi terkait ketahanan pangan yang diselenggarakan di sebuah rumah makan di Pakem Sleman, Senin (12/6/2023).

“Air sangat penting untuk kami para petani. Selain berhemat, kami berupaya menjaga sumber air agar tetap lestari, sehingga jika ada elnino, produksi tetap maksimal. Dengan demikian, ketersediaan pangan tetap terjaga dan harga-harga tetap stabil,” papar Inoki.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengapresiasi Ditintelkam Polda DIY yang memberikan bantuan alat pertanian. Adapun bantuan yang diserahkan, di antaranya alat semprot dan pupuk.

“Keberpihakan terhadap petani saat ini ditunjukan dari Polda DIY, dalam upaya menjaga stabilitas pangan agar terjaga kamtibmas,” harapnya. (tks)

Artikel Serupa

Ke Atas