Anda berada di
Beranda > News > Jagongan Sinema Jumat Pahing #4 Hadirkan Cerita Pengalaman Masyarakat Pinggiran Bersinema

Jagongan Sinema Jumat Pahing #4 Hadirkan Cerita Pengalaman Masyarakat Pinggiran Bersinema

Pada Jagongan Sinema Jumat Pahing #4 kali ini, Cinemartani berkolaborasi dengan Yayasan Sinema Yogyakarta dan JAFF.

Pada edisi #4 ini, Tedi Kusyairi akan hadir sebagai pencerita. Di tengah arus festival film di Jogja yang cenderung terpusat, orang-orang yang setia berjalan di tepian arus seperti Mas Tedi jadi kerap kurang terdengar cerita-ceritanya. Oh iya, Mas Tedi ini petani sekaligus pendiri Paguyuban Sineas Bantul. Doi juga pernah menangani ratusan pemutaran film di desa-desa tahun 2015-2018.

Bersama Mas Tedi kita akan berbagi kisah tentang pengalamannya bersinema dengan masyarakat dengan asas-asas kewargaan. Ketika Mas Tedi melihat warga tidak sebatas angka dan statistik sebagaimana laporan akhir tahun. Tapi warga dilihat sebagai nilai dan konteks. Pada perkara-perkara inilah kerja Mas Tedi dgn asas kewargaannya jadi penting untuk kita dengar. Tentang bagaimana kerja dalam ekosistem sinema berhadapan dengan seperangkat nilai-nilai yg hidup dalam relasi warga desa. Barangkali praktik Mas Tedi ini bisa kita sebut sinema warga, warga sinema, sinema kewargaan atau apapun itu.

Yaudah deh gitu aja, pokoknya sampe ketemu hari jumat ya, warga sinema sekalian!

#jagongansinema #jumatpahing #wargasinema #cinemartani #sinemawarga #filmbantul #arsipfilm #arsipsinemawarga #risetfilm #edukasifilm #ekshibisifilm #ekosistemfilm #perfilmanindonesia

Artikel Serupa

Ke Atas