Anda berada di
Beranda > News > Kebon Pring Ledok Tinjon Siap Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Nasional Lewat UMKM dan Wisata

Kebon Pring Ledok Tinjon Siap Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Nasional Lewat UMKM dan Wisata

SLEMAN – SPJ – Sebagai salah satu destinasi wisata berbasis minat khusus fotografi, Kebon Pring Ledok Tinjon di Kalurahan Madurejo, Kapanewon Prambanan, Sleman, menyajikan wisata yang unik.

Arif Prihantoro, Sekjen Lintas Komunitas Peduli Wisata Yogya menyampaikan Kapanewon Prambanan mempunyai banyak tempat wisata.

Dusun yang berpotensi sebagai destinasi wisata dengan keunikannya. Seperti suasana pedesaan yang kental keguyubannya, suasana keasrian dusunnya, dan kebudayaannya. Pring Ledok Tinjon merupakan salah satu destinasi wisata yang dikelola oleh masyarakat sekitar.

“Di Ledok Tinjon merupakan kawasan wisata berbasis minat khusus. Dimana, ditempat ini menyajikan rumpun bambu sebagai objek sport foto bagi fotografer profesional,” kata Arif, Minggu (25/12/2022).

Dirintis sejak tahun 2018, wisata tersebut mampu mendongkrak perekonomian masyarakat setempat. Ia mencontohkan ibu-ibu rumah tangga, kini bisa menjajakan kuliner ditempat tersebut berupa produk UMKM.

“Sedikit demi sedikit, ekonomi warga masyarakat kini mulia terangkat. Dengan adanya wisata ini,” ujar Arif yang juga Sekjen Lintas Komunitas Peduli Wisata Yogya.

Sementara itu Ismanto Ketua Wisata Pring Ledok Tinjon menambahkan kalau sudah banyak fotografer berbagai wilayah di Indonesia datang ke tempat itu. Hasil karyanya, ditampilkan dalam perlombaan internasional

“Keunggulan disini memang rumpun bambunya. Apalagi saat pagi hari ada sinar matahari yang masuk di celah-celah dedaunan menambah situasi pedesaan sangat kental,” jelasnya.

Ismanto menjelaskan, seiring berjalannya waktu kini masyarakat sekitar mulai sadar wisata. Bahkan saat ini generasi muda mulai membaur dalam mengembangkan wisata berbasis minat khusus fotografi ini.

Disela acara juga dilakukan deklarasi oleh pelaku UMKM yang tergabung dalam Forkom UMKM Madurejo. Hal ini untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional sehingga terwujud situasi Kamtibmas yang kondusif.

“Forkom UMKM Madurejo siap mendukung pertumbuhan ekonomi Nasional. Pring Ledok Tinjon siap mewujudkan destinasi wisata yang aman dan nyaman demi mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat,” katanya.

Kasubdit 2 Dit Intelkam Polda DIY AKBP Dwi Prasetyo sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan itu. Karena tujuan untuk meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat serta pengembangan UMKM.

Alasannya, pengembangan destinasi wisata akan berimbas positif terhadap perkembangan UMKM di sekitarnya.

“Kita sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat lewat UMKM yang dapat menjadi penopang pertumbuhan ekonomi nasional,” ujarnya. (red).

Artikel Serupa

Ke Atas