Anda berada di
Beranda > News > Pesta Demokrasi Ala RT 30 Kelurahan Patehan

Pesta Demokrasi Ala RT 30 Kelurahan Patehan

YOGYAKARTA – Sebanyak 45 dari total 60 KK yang diundang ikut ambil bagian dalam proses pemilihan ketua RT. 30/ RW.08 kelurahan Patehan kecamatan Kraton untuk masa bakti 2018-2021.

Melalui sistem voting, akhirnya Winarno terpilih menjadi ketua menyisihkan 10 kandidat lainnya.  Pria yang sehari-hari bekerja di Taman Pintar Yogyakarta itu mendapatkan 13 suara mengungguli  kandidat inkamben yakni Wahyudin  yang  mendapat 12 suara atau hanya selisih satu suara.

Suasana pemilihan ketua dan pengurus RT. 30 berjalan cukup demokratis  dan lancar, meskipun sempat diwarnai dengan hujan interupsi, protes, usul dan saran dari warga yang mempunyai hak suara.  Protes mereka pun tidak  jauh-jauh dari perihal tata tertib dan mekanisme pemberian suara.  Meskipun hujan protes dan debat kusir terjadi silih berganti,  suasana kekeluargaan tetap kental terasa, lantaran hujan protes dibalut dengan “joke” (gurauan) yang segar.

Ketua RT. 30 turut membacakan laporan singkat  pertanggungjawaban keuangan dan adminsistrasi selama tiga tahun ke belakang masa jabatannya. Setelah itu mulailah dilakukan pemilihan tahap pertama yakni penjaringan kandidat, yang hasilnya terpilih 10 kandidat, satu diantaranya inkamben alias ketua RT 30 itu sendiri.

Kesepuluh kandidat diberi waktu dua menit untuk menyampaikan visi dan misinya. Namun yang terjadi hanyalah pidato tentang kekurangan dirinya masing masing, dengan harapan agar warga tidak memilih dirinya.  Ada yang beralasan terlalu sibuk dengan pekerjaannya sekarang ini. Ada yang berdalih sudah sibuk dengan pekerjaan yang lebih besar menyangkut hajat hidup orang banyak dan keluarga. Ada pula yang beralasan sudah terlalu tua dan masih banyak lainnya. Pengumbaran kelemahan masing-masing kandidat menjadi bahan candaan warga lain dan menjadikan ruangan penuh gelak tawa dan cair.

Setelah pemaparan visi dan misi, calon ketua RT, proses pemilihan berlanjut ke tahap kedua yakni memilih ketua definitif dengan melakukan voting.  Akhirnya Winarno mengumpulkan suara terbanyak, menyingkirkan sembilan kandidat lainnya. Dengan demikian Winarno akan menjalankan tugasnya selama tiga tahun terhitung mulai tahun 2018 hingga 2021.

Dalam sambutan singkatnya, ketua RT. 30 terpilih Winarno meminta dukungan warga masyarakat RT. 30/RW. 08 Kelurahan Patehan Kecamatan Kraton Yogyakarta dalam mengemban tugas barunya sebagai kepala pelayan masyarakat di wilayahnya.

“Saya tahu jabatan  sebagai ketua RT itu berat dan selalu dihindari oleh banyak orang. Maka saya mohon dukungan semuanya,” ujar Winarno.

Warga RT. 30/RW.08 pun sepakat akan mendukung penuh apa yang menjadi program kerja Winarno, demi terwujudnya masyarakat yang aman, nyaman dan sejahtera di wilayah mereka. (@mix/qin)

Artikel Serupa

Ke Atas