Anda berada di
Beranda > Essay > Peran Pelajar sebagai agen Perkembangan Nilai-nilai kebangsaan

Peran Pelajar sebagai agen Perkembangan Nilai-nilai kebangsaan

Salam pemuda.

Sebagai penerus bangsa ini kita sebaga pemuda indonesia memiliki kesempatan yang luas untuk dapat memajukan perkembangan bangsa ini.

Kita sadar, bahwa saat ini kita hidup di era globalisasi yang selolah-olah negara tanpa batas (boardless) dengan segala bentuk dinamikanya. Globalisasi sering membawa dampak baik tetapi juga dampak buruk atau dampak negatif yang memerlukan penanganan dan antisipasi.

Untuk menghadapi berbagai ancaman dan tantangan globalisasi diperlukan wawasan kebangsaan dan.memperkuat semangat nasionalisme pelajar untuk mempertahankan nilai kebangsaan. Pelajar harus mempunyai tiga syarat, yang akan dijadikan landasan untuk memperkuat nilai kebangsaan yaitu,  “kesadaran”, “semangat” dan “tekad”.

Yang pertama, yaitu kesadaran adalah fenomena realitas atau kesadaran isi kemajemhkan sebagai bangsa.

Yang kedua, yaitu semangat adalah spirit para founding father dan kita semua untuk.mewujudkan fenomena realitas tadi yang akan menjadi betul nyata adanya.

Yang ketiga, tekad merupakan komitmen kuat untuk mewujudkan cita-cita luhur bangsa kita yang tertuang dalam proklamasi kemerdekaan serta komitmen terhadap wawasan kebangsaan yang berintikan 4 konsensus dasar pancasila.

Pelajar membutuhkan tekad yang keras untuk membuat nilai kebangsaan tetap bertahan di samping kemajuan jaman ini. Kita selaku pelajar juga harus mempunyai kedisiplinan yang tinggi karena itu merupakan salah satu kunci yang untuk membuat indonesia makin maju.

Kualitas bangsa yang baik akan menciptakan nilai nilai kebangsaan yang baik pula. Bagaimana caranya? Salah satunya yaitu pelajar harus aktif dalam berorganisasi,karena organisasi menciptakan seorang yang bertanggung jawab atas diri nya sendiri dan juga orang lain. Mungkin pertama kali seorang pelajar mengikuti organisasi di dalam sekolah. Contohnya organisasi osis atau pramuka, organisasi tersebut membuat lebih disiplin. Nilai kebangsaan yang muncul yaitu lebih percaya diri untuk kedepannya. Mengembangkan kedewasaan supaya jauh dari kata labil, yang dikarenakan hubungan antar siswa ataupun masalah percintaan remaja, yang sulit mencegah dari kelabilan emosi sesaat membuat rendahnya kemajuan nilai-nilai kebangsaan.

Disini moral sangat di pentingkan juga, banyak sekali pelajar yang kini merelakan masa depannya hanya untuk kegiatan mencari jati diri yang merugikan khalayak ramai. Kita sebagai remaja yang memilih jalan yang baik dan benar harus mengingatkan kawan yang sulit untuk dijalan yang benar atau melencong dari akaran moral agama ataupun negara.

Dan yang selanjutnya, pemuda juga harus aktif dibidang organisasi diluar untuk memperkuat nilai kebangsaan di negara ini. Contohnya yaitu mengikuti pramuka saka bhayangkara, saka bahari,saka wira kartika ataupun organisasi yang menjadikan wadah pemjda untuk maju. Salah satu contohnya yaitu kegiatan di DPD KNPI BANTUL (dewan perwakilan daerah komite nasional pemuda indonesia) yang menjadi wadah pemuda khususnya pelajar untuk membangun nilai kebangsaan dengan kegiatan yang positif tentunya. Disini akan menjelaskan kegiatan yang dilakukan KNPI untuk ikut mengajak pelajar menunjung nilai nilai kebangsaan. Salah satunya, dari berbagai kegiatan yang diadakan, yang harus menyangkut pelajar bantul yaitu Forum Pelajar Kemasyarakatan yang sedang berjalan sampai detik ini dan.merupakan program baru yang diturun tangani oleh pelajar sendiri, walaupun masih dibantu oleh senior seniornya. Pertama kegiatan yang bediri yaitu seminar pemuda/pelajar sadar politik, sineas pemuda, dan legal drafting. Kegiatan tersebut mengacu pada tujuan nilai kebangsaan. Dari awal sampai akhir tujuan dan niat baik itu didukung oleh pihak yang bersangkutan dan banyak pelajar yang ikut serta. Ada satu kegiatan lagi yang membantu memupuk nilai kebangsaan dan sikap menghargai sesama yaitu sekolah susur sungai yang membantu untuk sosial supaya dapat di nikmati bersama. Cara agar pelajar ingin mengikutserta dalam kegiatan memperkokoh nilai kebangsaan yaitu membangun organisasi baru yang diikuti oleh pelajar dengan mempromosikan kegiatan organisasi tersebut melalui media sosial.

Dengan adanya kegiatan kegiatan tersebut akan membantu pelajar lebih berfikir jika dengan adanya pelajar sangat membantu bangsa ini. Tanpa pelajar ataupun generasi penerus bangsa yang baik tidak akan membuat bangsa ini maju.

Faktor lain yaitu pendidikan, mungkin dinegara ini banyak yang sudah mejadi pelajar dengan belajar disekolah yang baik dan sesuai keinginan.masing masing, banyak pula di indonesia ini yang miskin pendidikan yang membuat menurunnya generasi bangsa indonesia. Pendidikan sangat mendukung nilai nilai kebangsaan karena didalamnya berisi pengalaman yang dapat membuat nilai kebangsaan muncul.

Apakah yang didapat pelajar jika meningkatkan nilai kebangsaan? Pelajar akan berbangga diri jika ikut serta, karena akan berdampak pada hidup untuk kedepannya, bertanggung jawab dan tentunya dapat dipercaya, itulah ang diinginkan negara indonesia selama ini. Banyak sekali koruptor yang korupsi uang negara yang merosotkan nilai kebangsaan. Padahal kegiatan tersebut juga hanya untung sesaat dan merugikan berpuluh puluh tahun, dinegara indonesia yang membuktikan bahwa nilai kebangsaan sangat rendah yaitu justru dari penegak hukum atau pemerintah yang rendah akan moral kebangsaan. Sangat tidak tahu, jika negara indonesia ini sangat rendah dibanding negara lain dikarenakan warga negaranya sendiri. Dan yang mampu menolong hanya pemuda, cabangnya yaitu pelajar.

Menyangkut dengan pendidikan diatas, ada pula kegiatan kecil yang sangat bermanfaat besar yang alhamdulillah sudah dilakukan oleh pelajar yaitu menyanyikan lagu kebangsaan indonesia raya, salah satu kegiatan kecil yang membuat besarnya nilai-nilai kebangsaan. Mungkin.kegiatan tersebut sangat biasa dinegara negara besar, bukan karena indonesia hanya menirukan tetapi diambil dari hikmah positifnya memang benar indonesia akan lebih menghargai negaranya.

Dilihat dari sikap dan watak warga negara indonesia yaitu pemalas yang membuat indonesia tetap.pada peringkat yang tidak meningkat malah menurun dikarenakan beberapa faktor. Disini perlu rasa tanggung jawab dan disiplin juga percaya diri dan harus rajin belajar. Karena harus dengan kebiasaan sejak dini harus dilakukan dari sekarang. Ayo generasi muda pelajar indonesia mari bangkitkan nilai-nilai kebangsaan dengan melakukan kegiatan positif dan mari rangkul merangkul menjadi satu agar bangsa ini tidak terpecah belah hanya karna kebodohan sesaat dan kesengsaraan yang berkelanjutan dan tidak bermanfaat, mari junjung martabat indonesia dan pelajar menjadi agennya!

Ingatlah, siapa yang menanam dia pasti akan memetiknya, lakukan dari sekarang maka kita akanakan menuai hasil yang baik dari sesuatu yang terbaik. Marilah jangan putus asa untuk meninggalkan watak yang turun menurun pastinya yang membuat indonesia tetap pada urutan yang sama saja. Mari.kita tinggalkan dan bergegas mengahampiri masa yang cerah.

 

Essay ditulis oleh Ian

Senin, 10 Desember 2018

Artikel Serupa

Ke Atas