Anda berada di
Beranda > News > Dilepas Langsung Oleh Kemahasiswaan, GAMAFORCE UGM Siap Pertahankan Gelar Pada KRTI 2023

Dilepas Langsung Oleh Kemahasiswaan, GAMAFORCE UGM Siap Pertahankan Gelar Pada KRTI 2023

Foto: Azka Qintory

SLEMAN – Menjelang bergulirnya Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2023 yang akan berlangsung di Landasan Udara Bun Yamin, Lampung pada 22-27 September mendatang, tim Gadjah Mada Flying Object Research Center (GAMAFORCE) UGM resmi dilepas oleh Direktorat Kemahasiswaan UGM, Selasa sore (19/9/2023).

Dalam acara yang berlangsung di Gedung pusat Balairung tersebut, sebanyak 150 mahasiswa UGM yang merupakan anggota GAMAFORCE periode 2023, dijamu secara langsung oleh para dosen maupun pihak Kemahasiswaan, yang bertanggung jawab penuh atas partisipasi GAMAFORCE di Lampung selama mengikuti KRTI 2023.

Adapun untuk menghadapi perlombaan tahun ini, tim GAMAFORCE telah melakukan berbagai persiapan yang cukup matang, guna memastikan bahwa mereka akan pulang dari Lampung dengan membawa pulang trofi juara KRTI 2023.

“Kami telah melakukan riset dari sejumlah jurnal tentang robotik, dan melakukan latihan terbang di lapangan terbuka, sesuai dengan arahan dari jurnal yang telah kita pelajari tersebut,” ujar Yonathan Destianto, Ketua Umum GAMAFORCE 2023 saat ditemui di sela-sela acara.

Foto: Azka Qintory

Tim GAMAFORCE sendiri sebenarnya bukanlah “pemain baru” dalam kompetisi KRTI ini, dimana mereka juga sebelunya berhasil menyabet juara umum pada 2021 silam.

Mengingat pada tahun 2022 lalu, KRTI sempat vakum alias ditiadakan, maka bisa dibilang bahwa komunitas yang telah berdiri sejak tahun 2015 ini, masih menyandang status sebagai juara bertahan. Sehingga pada perhelatan tahun ini, mereka akan berusaha untuk mempertahankan mahkota yang sudah mereka dapatkan pada dua tahun silam.

“Karena tahun lalu lomba ini sempat ditiadakan, maka untuk tahun ini kami berharap untuk bisa mempertahankan gelar juara yang telah kami raih pada tahun 2021 lalu,” sambung Yonathan.

Di lain pihak, Dosen pembimbing GAMAFORCE yang juga akan berangkat ke Lampung, Dr. Andi Dharmawan S.Si., M.Cs. juga berharap hal yang sama, yakni agar tim GAMAFORCE UGM tetap mampu mempertahankan kejayaannya di ajang Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) tahun 2023, sekaligus membawa nama baik UGM di kancah nasional. (qin)

Artikel Serupa

Ke Atas