Anda berada di
Beranda > News > Songsong Hari Ibu, Paramarta Akan Terbitkan Antlogi Geguritan ‘Pisungsung Kagem Biyung’

Songsong Hari Ibu, Paramarta Akan Terbitkan Antlogi Geguritan ‘Pisungsung Kagem Biyung’

BANTUL – SPJ – Menulis itu mencerdaskan dan bisa menjadi kegiatan yang positif khususnya bagi para ibu. Demikian diungkapkan Bunda Literasi Kabupaten Bantul Hj. Emi Masruroh S.Pd, saat menerima audiensi Pengurus dan Anggota Paguyuban Sastrawan Jawa Bantul (PSJB) Paramarta, di Rumah Dinas Bupati Bantul, Trirenggo, Bantul, Rabu (/11/2022) sore.

“Kegiatan menulis merupakan bagian dari gerakan literasi untuk mencerdaskan masyarakat, menarik jika ibu-ibu juga ikut menulis,” ucap Emi.

Lebih lanjut menurut Emi, pihaknya sangat antusias dan terinspirasi bahkan termotivasi untuk lebih menggiatkan literasi di Kabupaten Bantul. Tentunya akan menggandeng dan bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk para penulis dan pengarang sastra Jawa. Sastra Jawa dalam pandangan Emi banyak memuat nilai-nilai luhur budaya Jawa.

“Kami merasa terinspirasi dan termotivasi juga untuk lebih menggiatkan literasi di Bantul, terlebih sastra Jawa yang memiliki nilai-nilai luhur budaya penting bagi penanaman karakter generasi muda,” tuturnya.

Sementara itu Ketua PSJB Paramarta, Bambang Nugroho menjelaskan, kegiatan audiensi kepada Bunda Literasi Kabupaten Bantul dilaksanakan terkait dengan peringatan ulang tahun ke-5 PSJB Paramarta. Selain itu silaturahmi ini dimaksudkan juga untuk mengenalkan kegiatan dan program PSJB Paramarta.

“Kegiatan ini merupakan silaturahmi dan juga mengenalkan berbagai kegiatan selama lima tahun ini kepada Bunda Literasi Bantul,” kata Bambang.

Salah satu program tahunan PSJB Paramarta di antaranya menerbitkan antologi sastra budaya. Untuk tahun 2022 ini begitu menurut Bambang, PSJB Paramarta akan menerbitkan antologi geguritan bersama dengan tema ‘Pisungsung Kagem Ibu’.

“Ini kita kaitkan dengan peringatan Hari Ibu Desember mendatang, antologi ini bisa diikuti oleh masyarakat umum khususnya warga Bantul,” pungkas Bambang.

Pada kesempatan itu diserahkan sejumlah buku Sastra Jawa baik terbitan PSJB Paramarta maupun terbitan karya pribadi anggota kepada Bunda Literasi Bantul Hj. Emi Masruroh S.Pd., di antaranya buku antologi geguritan, cerkak dan novel berbahasa Jawa. (red).

Artikel Serupa

Ke Atas