Anda berada di
Beranda > News > SUKA DUKA ANDIAWAN KONSISTEN DALAM USAHA MEBEL

SUKA DUKA ANDIAWAN KONSISTEN DALAM USAHA MEBEL

BANTUL – SPJ – Mebel adalah perlengkapan rumah yang mencakup semua barang seperti kursi, meja, dan lemari. Produk mebel merupakan produk yang banyak dibutuhkan masyarakat dan telah menjadi bagian dari kehidupan. Oleh karena itu, prospek usaha mebel begitu baik sehingga menimbulkan persaingan yang ketat dengan munculnya pelaku usaha baru baik skala kecil maupun skala besar.

Salah satunya Andiawan (23 tahun), merupakan salah satu pengusaha mebel di desa Sorowajan, Panggungharjo, Sewon, Bantul yang sudah mendirikan usahanya sejak tahun 2020, hingga saat ini ia mempunyai dua orang karyawan, yang membantunya dalam usaha mebel.

Secara keuntungan, Andiawan mengatakan kalau itu tidak pasti. Tidak dapat dirata-rata penjualan harian atau bulannya (14/9/2022).

“Terkadang jika banyak yang membeli atau memesan, Andiawan bisa mendapat keuntungan yang banyak, akan tetapi jika hanya beberapa yang membeli atau memesan terkadang beliau hanya dapat mendapat keuntungan yang sedikit,” kata Andiawan.

Dalam menekuni usahanya sebagai pengusaha mebel, tentu tak sedikit permasalahan yang terjadi.

“Contohnya ketika ada barang yang gagal produk atau sedang ada musibah yang menimpa ketika sedang bekerja, serta jika produk sepi pembeli, merupakan permasalahan unum yang dihadapi,” jelas Andiawan.

Namun Andiawan tidak pernah mengeluh, pihaknya selalu berusaha menyelesaikan permasalahan tersebut, salah satunya dengan mengurangi jumlah produksi dan lebih berhati-hati dalam bekerja.

Ditanyakan mengenai impiaannya kedepan, Andiawan setelah memulai usaha dalam kurun waktu selama ini, ia mengatakan hanya ingin menjadi pengusaha mebel yang sukses agar dapat memotivasi anak-anak muda serta kebutuhan keluarganya dapat terpenuhi.

“Semoga kelak usaha ini maju, dan bisa memberikan inspirasi kepada anak muda untuk membuat usaha mebel juga, sesuai jamannya,” pungkas Andiawan. (red).

Penulis: Alfreda Bagus Prasetyo, Ignatius Soni Kurniawan, S.E, M.Sc (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)

Artikel Serupa

Ke Atas