Anda berada di
Beranda > News > Sambut HUT ke-71, Warga TNI AU Ziarah Ke Monumen Ngoto

Sambut HUT ke-71, Warga TNI AU Ziarah Ke Monumen Ngoto

Kepala Dinas Personel Pangkalan Udara Adisucipto Kolonel Pnb. Dedy Susanto mewakili Danlanud Adisucipto saat meletakkan bunga di makam Adisucipto pada acara ziarah di Monumen Perjuangan TNI AU Ngoto (Foto: Dok. Lanud Adisucipto)

BANTUL – Kepala Dinas Personel Pangkalan Udara Adisucipto Kolonel Pnb  Dedy Susanto, memimpin rombongan melakukan ziarah di Monumen Perjuangan TNI Angkatan Udara, Ngoto Kabupaten Bantul, Jumat (7/4/2017). Kegiatan ziarah di Monumen Perjuangan Ngoto merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan Lanud Adisucipto dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-71 TNI Angkatan Udara.

Menurutnya, ziarah adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan ketika ada event penting, karena ini merupakan wujud dari pengabdian dan doa bersama, sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat baik kepada yang sudah meninggal maupun yang masih hidup.

Kegiatan ziarah ini juga merupakan salah satu rangkaian jelang peringatan HUT TNI AU ke-71 pada 9 April 2017. Dimana sebelumnya telah dilaksanakan berbagai kegiatan baik di bidang olahraga maupun sosial.

Berdasarkan sisi historis yang terdapat di Monumen Perjuangan TNI Angkatan Udara Ngoto ini, dimakamkan dua jasad Pahlawan Nasional yakni Adisucipto dan Abdulrachman Saleh, masing-masing bersama istri. Adisucipto dan Abdulrachman Saleh adalah dua pahlawan nasional dari TNI Angkatan Udara yang gugur pada peristiwa tembakjatuh pesawat VT-CLA oleh pesawat Kitty Hawk Belanda.

Ziarah ini diikuti tak kurang dari 200 anggota dari tiga Instansi TNI AU yang ada di Yogyakarta, diantaranya  anggota Lanud Adisucipto, AAU, Ruspau Hardjolukito, serta Taruna Akademi TNI AU. Prosesi ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan penempatan karangan bunga oleh pimpinan ziarah. Setelah upacara penghormatan kepada arwah pahlawan selesai, acara dilanjutkan dengan tabur bunga ke setiap pusara. (qin)

Artikel Serupa

Ke Atas