Anda berada di
Beranda > News > 30 Seniman Pamerkan 100 Karya di Joglo Kademangan Widarakandhang

30 Seniman Pamerkan 100 Karya di Joglo Kademangan Widarakandhang

BANTUL – SPJ – Setidaknya ada 100 karya dari 30 seniman yang tergabung dalam komunitas On The Spot (OTS) dipamerkan dalam ajang Pameran dan Bazar Lukisan hasil OTS di Joglo Kademangan Widarakandhang, Sowangsan, Karangtalun, Imogiri, Bantul 22-30 September 2022.

Dijelaskan Yan Santana ketua pameran, kegiatan ini merupakan hasil dari kegiatan OTS di sejumlah tempat seperti Klaten, Joglo Plawang dan Kampung literasi Pakem yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

“Ini karya teman-teman ketika melakukan ‘on the spot’ di sejumlah tempat dan juga ada karya studio sehingga tampak beragam baik dari genrenya-pun, tema yang diusung, serta ukuran,” urai Yan Santana, Kamis (22/9/2022) di sela pembukaan.

Pameran yang dibuka oleh Kasie Adat dan Tradisi Dinas Kebudayaan Bantul Herry Mayong ini, diharapakan dapat menjadi ajang bagi para seniman di Bantul bagian Timur.

“Para seniman di kawasan Bantul timur melihat lokasinya sangat strategis bagi pengembangan wisata,” ucap Herry.

Sementara itu Mujiono atau Muji Cino, pengelola Joglo Kademangan Widarakandhang, mengungkapkan kegiatan semacam ini akan mendapatkan prioritas dalam setiap jadwalnya di Joglo Kademangan Widarakandhang.

Lebih lanjut menurut Muji, joglo ini adalah milik seseorang yang mempunyai kepedulian besar terhadap perkembangan seni dan budaya. Karena melihat potensi seni budaya yang demikian besar di kawasan Imogiri, namun belum ada tempat yang representatif untuk mendukung kegiatan seni dan budaya yang demikian banyak itu, maka joglo Kademangan Widarakandhang kemudian diberikan pengelolaannya untuk dimanfaatkan.

“Kegiatan Pameran dan Bursa Lukisan ini sekaligus menandai berkiprahnya kembali Joglo Kademangan Widarakandhang yang memiliki historis panjan,” tegas Muji Cino. (red).

Artikel Serupa

Ke Atas