Anda berada di
Beranda > News > Kirab Budaya dan Umbul Donga Puja Basuki Merti Dusun Tri Manunggal

Kirab Budaya dan Umbul Donga Puja Basuki Merti Dusun Tri Manunggal

BANTUL – SPJ – Merti Dusun Tri Manunggal ialah merti dusun yang diselenggarakn oleh Dusun Manukan, Dusun Kunden, dan Dusun Jaten, Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul. Merti Dusun Tri Manunggal digelar setiap satu tahun sekali dengan pelaksanaan kegiatannya dilakukan secara bergantian. Di tahun 2023, pelaksanaan Merti Dusun Tri Manunggal di Dusun Kunden, Sendangsari, Pajangan, Bantul dengan tema ‘Cancut Tali Wandha, Saiyeg Saeka Kapti’.

Pelaksanaan Merti Dusun Tri Manunggal dimulai pada Kamis, 24 Agustus 2023. Di hari pertama ini dilaksanakan mujahadah dan pengajian dengan penceramah K.H. Jazari.  Hari kedua Merti Dusun Tri Manunggal Jum’at, 25 Agustus 2023, dilaksanakan pentas seni dengan menampilkan paguyuban seni tari angguk Arum Sekar Sari dan pentas musik.

Hari ketiga Merti Dusun Tri Manunggal Sabtu, 26 Agustus 2023, dilaksanakan kegiatan kirab budaya gunungan dan kenduri. Kirab budaya gunungan dilaksanakan melintasi Jalan Sedayu-Gesikan dengan start di Lapangan Sendangsari dan finish di Pendapa rumah Dukuh Kunden Giyono yang digunakan sebagai pusat kegiatan Merti Dusun Tri Manunggal. Kirab budaya diikuti oleh perwakilan dari bregodo masing-masing dusun. Selain mengarak gunungan hasil bumi, masing-masing peserta kirab membawa kenduri yang nantinya dibagikan setelah doa bersama. Barisan depan kirab budaya dipimpin bregodo Jogo Paten.

Setelah kirab budaya selesai, dilanjutkan dengan umbul donga puja basuki dan kembul bujana. Gunungan hasil pertanian diperebutkan oleh peserta kirab dan penonton yang hadir setelah umbul donga puja basuki.

Lurah Kalurahan Sendangsari, Durori dalam sambutannya mengatakan ikut senang karena kekompakan dari warga di 3 dusun ini untuk melaksanakan dan melestarikan kegiatan Merti Dusun Tri Manunggal. Ia juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkenan mendukung dan membantu sehingga kegiatan Merti Dusun Tri Manunggal berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.

“Semoga kekompakan warga ketiga dusun ini tetap terjaga sehingga dapat menggelar merti dusun setiap tahunnya,” pesan Durori.

Merti Dusun Tri Manunggal akan ditutup malam harinya dengan pentas wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Muhammad Yusuf Anshori dari Gunung Kidul dan akan dimeriahkan oleh Warjudi dan Ninik Blorong sebagai bintang tamunya. (har)

Artikel Serupa

Ke Atas